KPU Buton Tetapkan Umar Bakry Calon Tunggal. -Buteng Dua Calon, Busel Empat.

PASARWAJO  – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton resmi menetapkan satu pasangan calon dalam Pilkada Buton 2017. Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry (Umar Bakry) menjadi calon tunggal dan hanya akan melawan kotak suara.

Pasangan petahana ini diusung oleh tujuh Parpol dengan akumulasi 20 kursi dari total 30 kursi di DPRD Buton. Tujuh Parpo itu masing-masing, PKB 2 kursi, PKS 2 kursi, Nasdem 2 kursi, PAN 8 kursi, Demokrat 2 kursi, Golkar  2 kursi, dan PBB 2 kursi.

Ketua KPUD Kabupaten Buton, Alimudin Sikuru, saat membacakan berita acara penetapan Paslon di salah Hotel Pasarwajo, Senin (24/10), mengatakan, penetapan Paslon tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebelum penetapan, KPU telah meneliti dan menferivikasi, baik syarat pencalonan maupun syarat calon dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai Paslon yang akan mengikuti Pilkada Buton 2017.

“Dari hasil penelitian dan verifikasi terhadap dokumen, Paslon Umar – Bakry telah memenuhi syarat dan ditetapkan sebagai Paslon Bupati dan Wakil Bupati Buton 2017,” kata Alimudin didampingi empat Komisioner KPUD lainnya.

Amatan media ini, setelah membacakan berita acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan tentang penetapan Paslon Umar – Bakry yang dibacakan oleh Komisioner KPUD Buton, La Rusuli. Sebelum membacakan, baik berita acara maupun surat keputusan penetapan Paslon Bupati Butont terlebih dahulu dilakukan rapat pleno terbuka di tempat yang sama dan disaksikan seluruh undangan.

Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Buton dimulai sekitar Pukul 11.00 Wita. Hadir dalam acara itu para pimpinan Parpol pengusung, La Bakry selaku calon Wakil Bupati Buton, Komisioner Panwaslu Buton, serta unsur Muspida lainnya.

Dihari yang sama, KPUD Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menetapkan dua pasangan calon yang berhak mengikuti Pilkada Buteng 2017.  Kedua pasangan calon masing-masing, Samahuddin-La Ntau (SAMATAU), di usung 5 Parpol, yakni PKB, PKS, PPP, Nasdem serta PDI-P. Sedangkan Mansur Amila bersama pasangannya yang diusung tiga partai, yakni PAN, Gerindra dan Golkar, serta dua partai pendukung, Demokrat dan PBB.

Ketua KPU Buteng Aminuddin mengatakan pasangan calon pilkada tersebut ditetapkan dalam surat kepugusan No 50/kpts/KPU Kab 026419168/2016 tentang penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Tengah 2017 mendatang.

Kata dia, kedua pasangan calon sudah memenuhi syarat pencalonan dan syarat calon sesuai Peraturan dan perUndang-Undangan. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mensahkan pasangan balon menjadi calon.

Demikian KPUD Buton Selatan (Busel) menetapkan empat pasangan calon. Sesuai SK KPUD nomor 43/Kpts/KPU-Kab.026. 419169/tahun 2016, ke-empat pasangan calon tersebut yakni H Sattar SPd MSi – H Yasin Welson Lajaha, di usung Pantai Amanat Nasional (PAN) 5 kursi dengan presentasi dukungan 25 persen.

Pasangan H Muhammad Faizal-Wa Ode Hasniwati dari partai pengusung Nasdem, Gerindra, Hanura, PKB, PKPI dan PBB presentasi dukungan 40 persen. Kemudian pasangan Agus Feisal Hidayat – H La Ode Arusani dari partai pengusung Demokrat, PKS, PDI-P dan Golkar, presentasi dukungan 30 persen. Sementara pasangan calon Bupati dan wakil Bupati melalui jalur perseorangan yakni Agus Salim SH-La Ode Agus La Ao SE dengan presentasi dukungan 10,4 persen dari jumlah DPT Pilpres tahun 2014 atau 6094 dukungan.

Ketua KPUD Buton Selatan La Ode Masrizal Mas’ud menghimbau para pasangan yang telah ditetapkan untuk bertarung secara adil dan sportif sehingga melahirkan pemimpin yang diridhoi Allah Subhana Wa Taal. “Kami harap semua elemen masyarakat turut andil dalam mengawal Pilkada ini sehingga berjalan dengan baik,” kata Masrizal Mas’ud dihadapan para pasangan calon di Lapangan Karada, Kecamatan Batauga Senin (24/10). (Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment