Kesbang Himbau Waspadai Forum Ilegal

BURANGA – Badan Kesbang Pol Kabupaten Buton Utara (Butur) menghimbau masyarakat agar waspada terhadap forum atau lembaga yang tidak terdaftar. Terutama yang melakukan perekrutan untuk menjadi anggotanya.

Kepala Kesbang Pol Butur, Sirajuddin melalui Kabid Kewaspadaan Nasional, Nafsahu mengatakan, hasil pertemuan dengan Lurah Kambowa dan anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) setempat, bahwa di kelurahan tersebut telah masuk Forum Butuni Barakati.

Forum ini telah melakukan perekrutan dan mengambil data-data warga untuk dijadikan anggota. “Sesuai informasi dari Lurah Kambowa, forum ini menjanjikan sesuatu bahwa harta Sukarno sudah mau cair. Dan setiap anggota forum akan mendapatkan bagian,” kata Nafsahu ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/11/2016).

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi menjamurnya forum dan lembaga “ilegal” masuk ke Kambowa, pihak kelurahan bersama FKDM setempat meminta data-data forum yang terdaftar di Kesbang Pol Butur.

“Mereka minta data sama kami, forum-forum apa saja yang terdaftar. Kalau Forum Butuni Barakati ini memang tidak terdaftar di Kesbang Pol,” katanya.

Hal serupa juga terjadi di Kecamatan Bonegunu. Salah satu lembaga yang tak disebutkan namanya telah melakukan pendataan. “Di Bonegunu juga isunya sama, ada lembaga yang melakukan pendataan. Cuma warga tidak mau sebutkan nama lembaga itu. Kalau isu lainnya soal batas wilayah desa,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut, Nafsahu menghimbau kepada masyarakat agar jangan terlalu gampang memberikan datanya kepada forum atau lembaga yang tidak jelas keberadaannya. Terlebih lagi, bila lembaga tersebut meminta sesuatu kepada warga dengan janji-janji manis.

Dijelaskan, setiap forum atau lembaga yang melakukan kegiatan di Butur harus melapor ke Kesbang Pol. Demikian pula masyarakat, jika merasa ragu dengan keberadaan forum atau lembaga, disilakan menanyakan ke Kesbang Pol.(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment