Bantuan Eks Pengungsi Timor Timur Segera Cair

PASARWAJO – Kabar gembira bagi warga eks pengungsi dari Provinsi Timor Timur (Timtim) yang berdomisili di Kabupaten Buton. Dalam waktu dekat ini, mereka akan menerima bantuan dari pemerintah pusat, menyusul telah mengucurnya bantuan senilai Rp 10 juta per kepala keluarga (KK). Bantuan untuk 612 KK warga eks pengungsi Timor Timur yang berdomisili di Kabupaten Buton, bakal dicairkan akhir november 2016 ini.

“Untuk Buton saya sudah konfirmasikan, Insya Allah akan diselesaikan akhir november ini,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnaketrans) Kabupaten Buton, La Renda, ketika dikonfirmasi, Selasa (22/11).

Kata dia, pencairan bantuan untuk warga eksĀ  Timtim tersebut, dilakukan secara bergilir atau per wilayah kabupaten/kota. Sebab, bank yang menangani bantuan tersebut tidak akan mampu melayani bila pencairannya dilakukan serentak.

“Kalau serentak, bank tidak akan mampu layani. Jadi dibagi per kabupaten, kemudian dari kabupaten dibagi per kecamatan,” ujarnya.

Kemudian, lanjut La Renda, yang mendapat giliran pertama saat ini, yakni Kota Baubau dengan jumlah KK eks Timtim sebanyak 1.200 lebih. Kemudian Buton Tengah (Buteng) sebanyak 500 lebih, menyusul Buton sebanyak 612, dan yang bakal dicairkan terakhir Buton Selatan (Busel) sebanyak 900 lebih.

Ia menambahkan, mengenai teknis pencairannya, pihaknya hanya membuatkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Kemudian SP2D yang diberikan kepada setiap penerima bantuan dibawah ke bank untuk dibayarkan.

“Kita hanya membuatkan SPD2-nya, terus mereka dibayarkan di bank,” tambahnya.

Adapun syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut, yakni harus lahir di Timtim, kemudian pernah tinggal atau minimal orang tuanya pernah di Timtim. Hal tersebut dibuktikan dengan akta kelahiran dan KTP atau sejenisnya. (Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment