Juventus Amankan Posisi Juara Grup

Turin – Juventus mengamankan posisi juara Grup H. Pada pertandingan terakhir di fase grup, Bianconeri memetik kemenangan dengan skor 2-0 atas klub Kroasia, Dinamo Zagreb.

Menjamu Dinamo di Juventus Stadium, Kamis (8/12/2016) dinihari WIB, Juventus yang sudah dipastikan lolos mengistirahatkan Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Alex Sandro, dan Sami Khedira. Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Marko Pjaca, dan Dani Alves absen karena cedera.

Juventus tampil sangat dominan sejak kick-off. Tim asuhan Massimiliano Allegri itu mendapatkan beberapa peluang bagus, tapi hingga turun minum skor masih 0-0.

Tujuh menit setelah babak kedua dimulai, Gonzalo Higuain membawa Juventus unggul lewat golnya. Keunggulan tersebut digandakan oleh Daniele Rugani pada menit ke-73 melalui sundulan kepala.

Dengan hasil ini, Juventus finis di posisi pertama Grup H dengan perolehan 14 poin dari enam laga. Dinamo berada di posisi terbawah setelah menyudahi fase grup tanpa poin dan tak mencetak satu gol pun.

Jalannya Pertandingan

Juventus punya kesempatan bagus untuk unggul pada menit-menit awal lewat kerja sama Mario Mandzukic, Miralem Pjanic, dan Higuain. Namun, penyelesaian Higuain dari dalam kotak penalti digagalkan kiper Dinamo, Dominik Livakovic.

Pjanic mendapatkan peluang emas untuk membawa Juventus memimpin pada menit ke-32. Dia berdiri bebas di mulut gawang saat menyambut umpan silang dari Mandzukic. Namun, bola tandukannya mengarah tepat ke Livakovic.

Dinamo mengancam lewat percobaan Junior Fernandes empat menit kemudian. Namun, tembakan Fernandes terlalu lemah dan dengan mudah diantisipasi Neto.

Tim tamu punya peluang lainnya pada menit ke-38 lewat tembakan Ante Coric. Beruntung buat Juve, Neto berada di posisi yang tepat untuk menangkap si kulit bundar.

Livakovic membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-41. Kiper berusia 21 tahun itu terbang untuk menepis bola hasil tendangan bebas Pjanic yang menuju ke gawangnya.

Berselang tiga menit, Livakovic kembali beraksi. Dia mementahkan sepakan Mandzukic dari dalam kotak penalti. Hingga turun minum, skor 0-0 belum berubah.

Juventus akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-52 lewat gol Higuain. Mario Lemina punya peran besar dalam terciptanya gol ini.

Lemina mengutak-atik bola di kakinya di depan kotak penalti Dinamo dan si kulit bundar kemudian mengarah ke Higuain. Tanpa pikir panjang, Higuain langsung menyambarnya dengan tembakan keras kaki kanan yang berbuah gol.

Juventus menambah keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-73. Tandukan Rugani meneruskan sepak pojok Pjanic menggetarkan gawang Dinamo.
Tekuk Dinamo Zagreb, Juventus Amankan Posisi Juara GrupFoto: REUTERS/ Giorgio Perottino

Paulo Dybala, yang kembali bermain setelah sembuh dari cedera, berpeluang mencetak gol pada menit ke-82. Namun, tembakan jarak jauhnya bisa diredam Livakovic.

Dybala kembali punya kans pada menit ke-90, tapi sepakannya dimentahkan Livakovic. Di injury time, dia melakukan percobaan lagi, tapi tembakannya melenceng. (Kepton Pos/My)

Sumber : Sindo

You might also like More from author

Leave a comment