Dikbud Anggarkan Rp 1 Miliar Pasang CCTV

BAUBAU- Pemerintah Kota Baubau berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Ditahun 2017, pemerintah bahkan mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar untuk pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) diseluruh sekolah di Kota Baubau.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, H Masri mengungkapkan alokasi anggaran Rp 1 miliar untuk pemasangan CCTV diseluruh sekolah merupakan tindak lanjut uji coba yang telah dilakukan di sejumlah sekolah sejak tiga tahun terakhir.

Hasil yang diperoleh dalam ujicoba tersebut cukup membanggakan. Kota Baubau berhasil meraih predikat indeks integritas tertinggi se-Sultra yang diberikan langsung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2016 lalu.

“Sebelumnya memang sudah kita ujicoba dibeberapa sekolah, namun baru sebatas memantau pelaksanaan ujian. Tahun ini kita coba kembangkan bukan hanya memantau pelaksanaan ujian namun sekaligus dengan proses belajar mengajar,” kata Masri.

Kata dia, alokasi anggaran pemasangan CCTV guna meningkatkan mutu pendidikan telah mendapat persetujuan dewan pada pembahasan anggaran 2017 lalu. Dengan begitu, pemasangan CCTV di 79 SD/MI dan 31 SMP/MTs se-Kota Baubau bisa dituntaskan tahun ini.

Masri mengaku teknologi CCTV yang akan dipasang nantinya sangat mutakhir. Sebab, seluruh sistem dalam ruang belajar akan terkonek ke Dikbud Baubau sebagai sentral. “Bukan hanya dikantor, tapi di HP saya akan terkonek. Jadi saya bisa langsung memantau kondisi sekolah sewaktu-waktu,” tukasnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kedisiplinan anak. Pihaknya juga akan menyediakan absensi sidik jari yang langsung terhubung dengan android orang tua siswa. Dengan begitu, orang tua siswa bisa memantau kehadiran anak di sekolah.

“Ini yang akan kita gagas tahun ini. Dengan anggaran itu kita akan coba maksimalkan untuk meningkatkan kualitas anak didik dan pendidikan di Kota Baubau,” pungkasnya. (Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment