Ini Pemain Termahal Madrid

MADRID – Bukan Cristiano Ronaldo atau Gareth Bale sebagai pemain termahal Real Madrid pada musim ini. Secara menit bermain, bek asal Portugal Fabio Coentrao menjadi yang termahal.

Kembalinya Coentrao ke Santiago Bernabeu dari AS Monaco tak sesuai harapan. Mantan bek Benfica itu memiliki kontrak sampai Juni 2019, namun musim ini hanya melakoni empat pertandingan atau total 150 menit (3,8%) karena cedera dan absen akibat pilihan strategi.

Madrid membeli Coentrao senilai 30 juta euro pada musim panas 2011 dengan durasi kontrak enam musim (sampai 2017, namun diperpanjang hingga 2019). Dengan demikian Madrid berinvestasi sekitar 5 juta euro per musim, plus biaya gaji senilai 3 juta euro per tahun.

Total 8 juta euro dikeluarkan Madrid dalam setahun. Jadi, jika musim ini hanya tampil 150 menit, maka tiap menit bermain Madrid harus membayar Coentrao sekitar 53.333 euro atau sekitar Rp766 miliar per menit. Menurut media olahraga Spanyol AS, minimnya waktu bermain Coentrao hanya disaingi kiper ketiga Madrid, Ruben Yanez.

Selama hampir enam tahun di Madrid, sosok Coentrao seperti misterius. Selama empat musim pertama di Madrid (sebelum transfer ke Monaco pada musim panas 2015), Coentrao tak pernah melampaui 45% dari peluang menit tampil. Rata-rata dia bermain 33% dari total menit tampil selama semusim, meskipun dia sempat diturunkan di laga-laga penting Los Blancos.

Di era Jose Mourinho, Coentrao pernah diturunkan di Liga Champions dan El Clasico. Sedangkan di tangan Carlo Ancelotti tampil di final Liga Champions di Lisabon, menggantikan Marcelo di menit ke-59. Juga turun pada perempat final Liga Champions melawan Borussia Dortmund dan semifinal melawan Bayern Muenchen. (sin/nis)

You might also like More from author

Leave a comment