Muspika Kapontori Kampanyekan Peduli Lingkungan

KAPONTORI-Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersiahan lingkungan khususnya air, jajaran karang taruna Watumotobe bersama unsur muspica serta satuan Polsek Kapontori melepas 50 ekor bibit ikan di bendungan Mataompana Kapontori, Sabtu (25/3).
Acara yang dilaksanakan sejak pagi hari juga didihadiri sejumlah mahasiswa Unidayan yang sedang melangsungkan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Selain pelepasan bibit ikan jenis nila dan lohan, kegiatan berbasis peduli lingkungan itu juga dirangkaikan dengan penanaman ratusan bibit pohon berbagai jenis disekitar bendungan. Pasalnya, bendungan Mataompana merupakan salah satu sumber air yang digunakan untuk pengairan air sawah masyarakat setempat. Disamping itu, sumber air yang terdapat di bendungan mataompana juga menjadi alternatif air bersih ketika wilayah setempat dilanda kemarau panjang.

Camat kapontori, Jufri Skom yng juga ketua karang taruna Kelurahan Watu motobe mengatakan, dengan bertambahnya ikan di bendungan tersebut dapat menambah keragaman ikan di lokasi bendungan yang juga merupakan salah satu wisata unggulan di kecamatan tertua di Buton itu. Dengan begitu para wisatawan luar daerah semakin tertarik untuk mengunjungi bendungan tersebut.

Selain itu, aksi penanaman pohon merupakan simbol kepedulian para karang taruna untuk kelestarian dan keasrian lingkungan disekitar bendungan yang merupakan salah satu sumber air masyarakat setempat.

“Kami mengharapkan bibit ikan ini dapat menambah keanekaragaman ikan di bendungan karena ikan jg menjadi salah satu daya tarik wisata di bendungan. selain itu penanaman pohon jg menjadi simbol kepedulian karang taruna pada kelestarian lingkungan dan menambah keasrian lingkungan bendungan sebagai sumber air,” kata Jufri saat memberikan sambutannya.

Dilanjutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan serta menjaga ekosistem yang tumbuh berkembang di disekitar bendungan.
“juga sebagai cara menjaga mata air bendungan Mataompana sebagai sumber air untuk warga dan area rekreasi,” tambahnya.

kegiatan ini merupakan rangkaian hari peringatan air sedunia yang jatuh pada 22 maret 2017 dan dirangkaikan dengan pelantikan pengurus karang taruna Kelurahan Watumotobe, kecamatan Kapontori. (en/is)

You might also like More from author

Leave a comment