Dukungan Pemuda Tani untuk Swasembada Jagung

Selain optimis serapan gabah petani bisa tercapai sesuai target sebanyak 4 juta ton setara beras, saat berkunjung ke Jawa Timur, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman juga menyatakan optimisme mampu mewujudkan swasembada jagung pada tahun 2017.

Bahkan Amran meminta Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Wilayah Jawa Timur (Jatim) segera mengusulkan calon petani dan calon lahan (CPCL) yang akan diberikan bantuan jagung. CPCL yang digarap Gempita merupakan petani yang notabenenya pemuda dan merupakan lahan tidur.

Gempita Jatim telah mengumpulkan CPCL bantuan jagung seluas 50 ribu hektar (ha). Karena itu, Amran langsung memerintahkan pengurus Gempita Jatim segera mengirim CPCL. “Segera kirim CPCL nya biar segera diproses dan bisa membantu pemerintah dalam swasembada jagung,” katanya.

Amran berpendapat, komitmen kalangan pemuda yang fokus bertani dengan menyiapkan lahan tidur, baik milik kelompok tani (Poktan) dan lahan lainnya, menjadi semangat untuk mewujudkan swasembada pangan. Itu juga sesuai dengan semangat nawacita, guna membantu petani memperoleh hasil panen yang lebih baik dan maksimal.

Perlu diketahui, Korwil Gempita Jatim mengajukan CPCL seluas 50 ribu ha untuk tanaman jagung. Pengajuan itu selaras dengan program Kementerian Pertanian (Kementan) yang akan memberdayakan lahan tidur, menjadi lahan produktif khususnya untuk tanaman jagung.

Dengan target penanaman jagung seluas 50 ribu ha akan menjadi kontribusi bagi peningkatan produksi jagung. Terlebih Jawa Timur yang selama ini merupakan sentra pemasok jagung terbesar nasional.

Pada 2015, Jatim memberikan kontribusi hingga sebesar 30% pasokan jagung nasional. Dengan total luas lahan 1,2 juta ha, produksi jagung di Jawa Timur hampir mencapai 5,4 juta ton.(tat)

You might also like More from author

Leave a comment