Gorontalo Pertegas sebagai Lumbung Jagung

Semangat menuju swasembada jagung juga datang dari Provinsi Gorontalo. Melalui Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita), Gorontalo yang sempat terkenal dengan provinsi jagung tersebut kembali mempertegas komitmen tersebut.

Melalui Wadah Gempita, pemuda di Gorontalo akan mengawal pelaksanaan program penanaman jagung seluas 37 ribu ha dengan membangun lahan tidur.

Ketua Gempita Gorontalo, Dahlan Usman mengatakan, Gempita akan bahu-membahu dengan pemerintah dan organisasi pemuda-kemasyarakatan mempercepat pencapaian target swasembada pangan nasional dan peningkatan ekspor, khususnya komoditas jagung melalui pemanfaatan lahan tidur.

Di Gorontalo menurutnya, masih sangat luas lahan tidur yang bisa dimanfaatkan. Lahan tidur ini sangat efektif mendukung peningkatan produksi jagung dan kesejahteraan masyarakat. “Kementerian Pertanian memberikan dukungan penuh, karenanya kita sebagai pemuda harus mampu menyambut peluang ini,” tegas Dahlan.

Sementara itu Sekretaris Menteri Pertanian, Sukriansyah S.Latief mengatakan, pembangunan sektor pertanian di Indonesia memiliki target yang jelas yaitu merawat Identitas Bangsa Agraris dan menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045. Secara operasional di antaranya mencetak pemuda sebagai manager pertanian sekaligus mengkampanyekan peluang ekonomi yang diperoleh dalam sektor pertanian. (tat)

You might also like More from author

Leave a comment