Nur Alam Minta Koleksi Foto Baubau Dipajang di Kantor Gubernur

KENDARI- Usai membuka secara langsung pameran pembangunan Halo Sultra memperingati HUT Sulawesi Tenggara ke 53 di pelataran eks MTQ Kota Kendari, Minggu malam (23/4) Gubernur Sutra Dr. H Nur Alam didampingi sejumlah pejabat forum komunikasi pimpinan daerah, mengunjungi stand Kota Baubau.

Sebelum pembukaan, stand milik Baubau memang sudah ramai dikunjungi masyarakat. Kendati kondisi stand pameran terbilang sederhana, orang nomor satu di Sultra itu, tak bergeser hingga 45 menit untuk mengamati sejumlah ornamen pemeran yang ditampilkan utusan Baubau.

Didampingi Asisten II Setda Kota Baubau, Drs. Mz. Tamsir Tamim, MSi, gubernur dua periode ini tampak asyik mengamati foto-foto bernuansa sejarah yang menampilkan runtut peristiwa penting kesultanan Buton termasuk foto pengintegrasian Buton ke dalam wilayah NKRI yang medokumentasikan perbicangan antara Presiden RI perta Ir. Soekarno dengan Sultan Buton Ke-38, La Ode Muhammad Falihi, sultan Buton yang bertahta sejak tahun 1938 hingga tahun 1960.

“Ini foto sejarah yang harus dipertahankan pendokumentasiannya, ini foto lama dan sangat mahal harganya, saya minta foto ini agar bisa pula dipajang di rujab (gubernur) termasuk di kantor gubernur,” kata Nur Alam yang begitu asyik mengamati detail cerita dan gambar dalam foto tersebut.

Dihadapan pengunjung, gubernur meminta agar membiasakan diri mendokumentasikan peristiwa-peristiwa yang berlangsung di setiap momentum, sebab pada saatnya akan bernilai sejarah dan mampu mengembalikan ingatan ke lorong sejarah masa silam. Pada kesempatan ini pula gubernur mengapresiasi partisipasi Pemkot Baubau di pameran HUT Sultra ke 53. “Pemkot Baubau itu full tim, ini patut dicontoh”, tambahnya.

Selain Gubernur Sultra, beberapa elite yang berkunjung ke stand Baubau diantaranya anggota DPR RI dapil Sultra, H Umar Asal, Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto. Tercatat, total jumlah pengunjung yang mendatangi stand Baubau di hari pembukaan mencapai 365 orang. “Kami patut mengapresiasi para pengunjung ke stand Baubau, dan kami sedikit kerepotan menjawab pertanyaan pengunjung yang membludak, apalagi ada yang meminta mengahadirkan Artis yang kini jadi icon Kota Baubau, Fildan,“ papar Asisten II, MZ Tamsir Tamim.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom, M.Si menjelaskan bahwa pada pameran kali ini Kota Baubau selain menampilkan segenap potensi alam dan komoditi yang dimiliki kota ini, juga mengeksplore dokumentasi kesejarahan Buton dan Baubau di masa kekinian.

“Kita memang banyak menampilkan foto-foto kesejarahan dan menampilkan sejumlah literasi yang berhubungan dengan itu, agar masyarakat tidak sekedar menikmati foto-foto masa silam, tetapi kali ini narasi tentang itu cukup gamblang dijelaskan, ini menjadi sesuatu yang berbeda dengan pameran-pameran sebelumnya,” kata Idrus Taufik Saidi.

Selain memamerkan foto bersejarah, hal lain yang cukup menghibur pengunjung saat berkunjung di stand pameran Baubau, adalah nonton bareng rekaman penampilan Fildan.(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment