Lomba Kuliner, Buton Sajikan Menu Khas Pesta Adat

-Gubernur Cicipi Kue Baruasa

KENDARI- Tim PKK Kabupaten Buton menyajikan makanan khas pesta adat Buton pada lomba kuliner di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-53, di Kendari.

Koordinator PKK Kabupaten Buton, Ani Samiun, mengatakan, pada tahun ini, masakan yang disajikan pada lomba kuliner di HUT Sultra, merupakan masakan khusus yang dihidangkan pada acara pesta adat di daerah-daerah, dalam lingkup administrasi Kabupaten Buton.

“Tema kita makanan khas pesta adat, yang kita tampilkan seluruh masakan khas pesta adat daerah,” ujarnya.

Salah satu masakan khas pesta adat yang dimaksud yakni, kagimpi (makanan dari beras ketan yang dibungkus daun), makanan ini biasanya terdapat di daerah Lawele. Selain itu, ada juga lapa-lapa, nasi bambu, ayam nasu Wolio, ikan dole.

Sementara untuk kue tradisional yang disajikan lanjut dia, diantaranya, baruasa, kalo-kalo, onde-onde beras ketan, wajik, cucur, pisang goreng, bolu dan aneka kue lainnya.

Seluruh sajian ini ditata rapi diatas talang yang berfungsi sebagai tempat sajian makanan khas Buton. Agar menambah selera, maka talang-talang ini dijaga oleh dua orang gadis dengan menggunakan pakaian adat Buton.

Ia berharap, kuliner Buton dapat terus dilestarikan dan dapat dikenal oleh masyarakat luas. “Semoga bisa mendapat juara satu seperti lomba paduan suara Buton,” katanya.

Pantauan koran ini, saat Gubernur Sultra Nur Alam bersama Ibu Tina Nur Alam mengunjungi stand Buton, keduanya mencicipi kue baruasa yang menjadi kue sajian pesta adat masyarakat Kabupaten Buton. (Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment