PSU Bombana Paling Lambat 9 Juni

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra mulai melakukan persiapan pemungutan suara ulang di tujuh TPS di Kabupaten Bombana. Selain menyusun tahapan, penyelenggara juga sudah merencanakan kebutuhan anggaran yang disiapkan untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPUD Sultra, Hidayatullah menjelaskan jika tidak ada aral melintang, diperkirakan PSU akan digelar paling lambat 9 Juni mendatang. Total anggaran yang disiapkan untuk menyukseskan perhelatan PSU di Bombana, ditaksir sekitar Rp 1 miliar. “Jika dihitung 30 hari kerja maka paling terlambat 9 juni tidak boleh lewat, sudah harus dilakukan,” ujarnya.

KPUD Sultra juga akan mengkordinasikan hal itu dengan aparat kepolisian dan TNI untuk pengamanan termasuk Panwas dan Bawaslu. Rencana ada empat kecamatan dan enam desa yang akan melakukan PSU dengan total suara mencapai 2500.

Ditempat berbeda, Wakapolres Bombana Kompol Agung A menjelaskan pihak kepolisian siap melakukan pengamanan pelaksanaan PSU. Untuk menjaga stabilitas keamanan di Bombana, sedikitnya 293 personil akan disiagakan. “Jumlah itu nantinya akan ditambah lagi beckup dari Brimob Polda Sultra satu kompi dan satu kompi dari polres jajaran,” tambahnya.

Kata dia, sampai saat ini situasi di Kabupaten Bombana masih aman dan kondusif. Aparat kepolisian tinggal menunggu putusan dari KPU mengenai waktu pelaksanaan pemungutan suara digelar. (Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment