Mabes Polri Ukur Kinerja Polres Baubau

-Sat Lantas dan Sat Intelkam Jadi Pusat Penilaian

BAUBAU- Selama tiga hari lamanya, tim penilai Indeks Tata Kelola (ITK) Mabes Polri melakukan pengukuran kinerja terhadap Polres Baubau. Tim penilai ITK tersebut memusatkan penilaian terhadap dua fungsi yang ada di Polres Baubau, yakni Sat Lantas dan Sat Intelkam.

Tim penilai dipimpin Kombes Pol Drs Yoyok Sri Nurcahyo dari Mabes Polri, didampingi anggotanya, Fawaiq Suwanan, Amalia Fubani. Beberapa pendamping dari Polda Sultra juga tampak hadir. Mereka adalah AKBP Daniel Widya Mucharam, Kompol Sutadi, IPDA Kartini dan Bripka Anton. Tim penilai ini telah berada di Kota Baubau sejak 1 Mei.

Kapolres Baubau, AKBP Suryo Aji menyambut langsung kedatangan tim tersebut. Kata dia, jajaran Polres Baubau sangat mendukung kegiatan ITK. Pasalnya, kegiatan tersebut dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas kearah yang lebih baik.

“Dengan adanya kegiatan ITK ini, saya meminta agar tim penilai memberikan penilaian yang objektif terhadap kinerja Polres Baubau,” katanya.

Kombes Pol Yoyok Sri Nurcahyo, sebagai ketua tim penilai menjelaskan penilaian dan pengukuran kinerja yang dilakukan secara bertahap dibeberapa Polres tersebut bertujuan untuk peningkatan kinerja terutama pelayanan publik disetiap Polres.

“Kegiatan ini berupa pendiagnosaan terhadap titik-titik permasalahan dalam pelayanan Kepolisian, sehingga dapat diketahui, kemudin diperbaiki,” jelas pria dengan tiga melati dipundaknya tersebut.

Ahmad Fawaiq Suwanan, merupakan tim penilai ITK menjelaskan dalam melakukan penilaian, pihaknya juga sangat fokus terhadap dua fungsi yang ada ditubuh Polres Baubau yakni Sat Lantas dan Sat Intelkam. Hal tersebut dilakukan untuk mengobservasi layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan layanan SKCK.

“Dari hasil observasi kami hari ini (kemarin,red), Polres Baubau cukup siap dan lengkap dalam menyediakan fasilitas pelayanan, mulai dari piranti lunak, kemudian transparansi layanan mulai dari syarat pelayanan, prosedur pelayanan, biaya pelayanan disampaikan secara jelas,” paparnya saat bertandang dikantor Sat Lantas Polres Baubau kemarin.

Kata dia, pihaknya sangat mengapresiasi persiapan atau usaha dari masing-masing fungsi baik Sat Lantas atau Sat Intelkam dalam rangka memperbaiki layanan publik.

“Semoga upaya ini terus berjalan meskipun Kasatnya telah berganti dan harus diteruskan oleh penggantinya,” ujarnya.

Adapun mengenai hasilnya, lanjut Ahmad, nanti akan diumumkan sekitar bulan Juli atau Agustus karena pihaknya masih akan mengevaluasi terlebih dahulu.

“Kami bawa dulu ke Mabes Polri untuk dievaluasi. Kami berharap ini dapat menjadi acuan kepada seluruh jajaran Kepolisian RI dalam meningkatkan kinerjanya terutama pelayanan publik,” tandasnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment