Disperindag Sebut Harga Kebutuhan Stabil

BAUBAU- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Baubau terus melakukan pemantauan harga barang menjelang Ramadan. Sejauh ini meurut data dari Disperindag, harga sejumlah kebutuhan pokok yang dijual pedagang di pasar tradisional kota Baubau cenderung masih stabil, bahkan ada juga yang mengalami penurunan.

Kepala Disperindag Kota Baubau, Radjlun SH melalui, staf Pengawasan mengungkapkan, berdasarkan pantauan laporan perkembangan harga kebutuhan pokok dan strategis lainnya, saat ini ada beberapa komoditas yang mengalami menurunan harga, diantaranya cabai dan kentang.

Kata dia, cabai merah besar dan cabai merah keriting yang semula dijual Rp 25 ribu per kilogram, turun menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Sedangkan untuk cabai rawit dari semula Rp 30 ribu per liter menjadi Rp 25 ribu perliter.

Menurut dia, penurunan harga cabai ini disebabkan pasokannya yang sangat berlimpah, atau ditingkat petani sedang menjalani musim panen.

Selain cabai, kentang juga menalami penurunan harga dari sebelumnya di jual Rp 25 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu per kilogram. “Harganya turun karena stok suplai daerah Makassar yang ada cukup melimpah,” katanya.

Namun, lanjut dia, ada juga sejumlah barang yang harganya naik, salah satunya telur ayam ras yang naik dari Rp 38 ribu per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Menurutnya kenaikan harga telur ayam ras ini disebabkan ketersediaannya terbatas sementara permintaannya meningkat.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment