Pengukuhan Saber Pungli Baubau Pertama di Sultra

BAUBAU- Komitmen pemerintah Kota Baubau untuk mengukuhkan tim sapu bersih pungutan liar (Saber pungli) pada Rabu (10/5) lalu nampaknya patut diacungi jempol. Meski sempat mandek dan tidak ada kejelasan, namun pengukuhan tim saber pungli Kota Baubau merupakan yang pertama di Sultra selain pemerintah provinsi.

Hal itu diungkapkan Kepala Inspektorat Kota Baubau, La Ode Abdul Hambali kepada awak media ditemui di kantor Walikota Baubau, belum lama ini. Kata dia, sampai saat ini belum ada informasi apapun tentang pengukuhan saber pungli di kota maupun kabupaten lain se-Sultra selain provinsi.

“Yang lain, terus terang saja waktu kita rakor saber pungli di provinsi itu justru kota/kabupaten lain mengambil contoh SK Kota Baubau tentang pembentukan tim sapu bersih pungutan liar ini, berarti kita yang pertama. Itu tolak ukur kita,” kata La Ode Abdul Hambali.

Kata dia, Inspektorat Kota Baubau masuk dalam tim saber pungli sebagai pengawas sektor pemerintahan. Tindakan preventif diupayakan untuk memberantas praktek pungli di setiap lini pengurusan administrasi pemerintahan.

La Ode Abdul Hambali mengaku tidak akan pandang bulu dalam pemberantasan praktek pungli yang dapat menghambat pembangunan daerah. Setiap ASN yang kedapatan melakukan praktek tersebut maka akan ditindaki sesuai dengan tupoksi dan aturan yang berlaku. (Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Show Comments (1)