Buton Utara Tanggap Darurat Bencana

-BPBD: Empat Kecamatan Rawan Longsor dan Banjir

BURANGA- Hasil analisis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Utara (Butur), mencatat, sebanyak empat Kecamatan di Kabupaten tersebut rawan bencana tanah longsor dan banjir.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Butur, La ode Husima, menyatakan, enam Kecamatan yang berada di wilayah Butur saat ini berstatus tanggap darurat bencana. Namun dari ke enam daerah itu, empat diataranya dinyatakan yang paling rawan tertimpa bencana alam.

“Dari enam Kecamatan itu dan berdasarkan analisa BPBD, yang paling rawan terjadinya bencana yakni berada di Kecamatan Kulisusu Barat, Bone Gunu, Kambowa dan Kecamatan Wakorumba Utara,” kata La Ode Husima, dihubungi via selulernya.

Menurutnya, tingginya intensitas curah hukan dan letaknnya yang berada di kawasan pinggir pantai, membuat daerah tersebut memang rentan tertimpa bencana longsor serta banjir.

“Yang jelas curah hujan di Butur masih cukup tinggi dan menurut prakiraan cuaca yang diperoleh dari BMKG Provinsi. Puncaknya itu di Mei tapi di Juni itu yang paling tinggi,” tukasnya.

Ia berharap, meski warga Butur telah terbiasa dengan kondisi tersebut, namun masyarakat diminta tetap waspada dan selalu siaga.

“Kita punya masyarakat ini sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini (banjir dan lonsor). Jadi kalau banjir mereka sudah tahu kapan akan terjadi. Dan intinya kita tetap himbau ke mereka agar tetap waspada dan siaga setiap saat,” imbuhnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment