PDIP dan Nasdem “Ramai” Peminat

BAUBAU- Sejumlah figur mulai ancang-ancang membidik kendaraan politik yang digunakan untuk maju dalam pilkada serentak 2018 mendatang. Partai yang resmi membuka penjaringan bakal calon kepala daerah, langsung diserbu peminat yang mengambil formulir pendaftaran.

NasDem yang membuka lowongan sejak kemarin (5/6), telah mencatat sedikitnya empat bakal calon yang mengambil formulir. Walikota Baubau AS Tamrin menjadi pendaftar pertama yang mengambil formulir dipartai yang memiliki dua kursi di DPRD Kota Baubau ini, disusul Saharuddin, Ir Muhammad Ridwan serta Ila Ladamay.

DPD Nasdem Kota Baubau juga mendapat konfirmasi, bahwa La Ode Falihi juga rencananya akan datang mengambil formulir pendaftaran dihari pertama pembukaan pendaftaran yang berpusat di Sekretariat Partai NasDem Kota Baubau.

“Dengan dibukanya pendaftaran calon kepala daerah melalui partai NasDem kita berharap siapa pun putra putri terbaik Kota Baubau yang ingin berkompetisi dalam pemilihan walikota Baubau, NasDem siap menjaring,” jelas Ketua DPD Partai NasDem Kota Baubau, Makruf Madi

Dikatakan setelah tahapan pengambilan formulir pendaftaran, setiap figur selanjutnya diberikan kesempatan untuk menyerahkan kembali formulir dan berkas pendaftaran paling lambat 17 juni mendatang. Berkas yang diserahkan nantinya akan diseleksi sesuai mekanisme yang telah ditetapkan partai.

Selain NasDem, PDIP juga menjadi partai yang banyak diminati bakal calon yang maju dalam pilkada Kota Baubau. Sejak dibuka awal juni lalu, sedikitnya empat figur sudah mendaftar di partai berlambang banteng moncong putih itu.

Pasangan petahanan antara lain, AS Tamrin dan Wa Ode Maasra juga ikut mendaftar di partai yang dipimpin Megawati Soekarno Putri ini. Selain itu, Ketua DPD PPP Kota Baubau, Yusran Fahim dan legislator PPP, H Ridwan juga ikut mendaftar di PDIP. “Pengambilan formulir ada yang dilakukan oleh balon yang bersangkutan, namun ada juga yang diwakilkan oleh orang lain. Kalau yang datang sendiri pak Ridwan sedangkan tiga lainya masing-masing diwakili,” jelas Ketua Desk Pilkada PDIP Kota Baubau, Nurhayati.

Kata dia, PDIP membuka diri terhadap setiap figur yang memiliki penerimaan baik dimasyarakat. PDIP juga tak memberikan keistimewaan khusus kepada kader, namun mengutamakan figur yang memiliki survey yang baik dan berkontribusi. “Jadi tidak ada keistimewaan bahwa harus dari kader, hanya kalau misanya partai itu menginginkan kadernya, maka harus melihat realita di lapangan juga, karena kalau kita inginkan kader buat apa partai membuka ruang untuk umum dalam hal pendaftaran,” bebernya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment