PLN Tegaskan Tidak Ada Kenaikan TDL 450 VA

BAUBAU – Manager PT PLN Persero Rayon Kota Baubau, Latif Prasetyo, melalui Suvervisor Pelayanan, Sadrach, menegaskan bahwa tidak ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) 450 VA.

“Tidak ada niat menaikkan tarif listrik, termasuk 450 VA, itu cuma isu, tidak benar,” kata Sadrach.

Sadrach menjelaskan bahwasanya pada saat ini pemerintah memang berencana mengubah pola pemberian subsidi bagi masyarakat tidak mampu tak lagi melalui skema tarif murah. Subsidi tarif listrik akan langsung diberikan kepada pelanggan PLN yang tidak mampu melalui kartu program jaminan sosial.

“Perubahan skema penyaluran subsidi tarif listrik itu merupakan rencana jangka panjang pemerintah atau tidak akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sadrach mengatakan skema kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 900 VA yang mampu memang telah diputuskan sejak tahun lalu. Kenaikan dilakukan bertahap pada Januari, Maret dan Mei 2017. Pencabutan subsidi listrik tersebut didasari Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik PT PLN (Persero).

Pada awal Mei lalu, berdasarkan hasil dari Badan Pusat Statistik (BPS) disimpulkan penyesuaian tarif listrik untuk rumah tangga 900 VA nonsubsidi menjadi penyumbang utama inflasi pada April 2017, yakni sebesar 0,09 persen.

Dengan inflasi April tercatat 0,09 persen, maka inflasi tahun kalender Januari-April 2017 telah mencapai 1,28 persen dan inflasi secara tahunan (year on year) sebesar 4,17 persen.

BPS menjelaskan penyesuaian tarif listrik tersebut memberikan kontribusi besar kepada kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar yang tercatat mengalami inflasi pada April sebesar 0,93 persen.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment