Menteri Pertanian Belum Penuhi Janji

BAUBAU- Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kota Baubau, Dedi Hasdianto, mengatakan, traktor yang dijanjikan Menteri Pertanian belum ada. Meski janji menteri belum terpenuhi, Dedi meyakini, jika bantuan tersebut pasti akan terealisasi. Sebab, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) alat untuk petani itu akan tiba dalam waktu dekat.

“Memang belum datang, namun saya yakin yang namanya bantuan dari Kementan langsung pasti akan terealisasi. Tapi belum disebutkan (waktunya) karena saat ngobrol-ngobrol sekira tiga (empat) hari yang lalu ke Sekretariat Gempita bersama Kepala Dinas, katanya sudah mau tiba,” kata Dedi Hasdianto saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin, (20/7).

Dedi mengungkapkan, meski pihaknya telah memasukan semua berkas permohonan atas bantuan tersebut beberapa hari setelah kunjungan Mentan di Baubau. Namun pengadaan bantuan yang sifatnya akumulasi dari beberapa daerah dalam suatu provinsi, tentunya harus membutuhkan proses.

“Sebenarnya usulannya sudah masuk sejak beberapa waktu yang lalu, tapi khan diproses dulu kemudian didata dan dialokasikan dikemanakan alatnya. Jadi memang prosesnya tidak segampang yang kita bayangkan. Apalagi pengadaan ini khan bukan hanya satu, makanya harus dijumlahkan dulu jadi satu, misalnya dalam suatu provinsi,” jelasnya.

Ditambah lagi, kata dia, pengangkutan dari Jakarta ke Baubau yang harus mengalami beberapa pelabuhan persinggahan. bahkan, setibanya di Baubau pun alat tersebut juga langsung ke kantor Dinas Pertanian. Meski alat tersebut belum tiba, namun dalam penggunaannya nanti, pihaknya tidak terlalu khawatir. Karena pemanfaatan alat tersebut telah rutin digunakan oleh para petani.

(kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment