Juli, Inflasi Baubau Tertinggi

BAUBAU-Berdasarkan survei biaya hidup (SBH) yang menjadi salah satu bahan dasar utama dalam penentuan indeks harga konsumen (IHK), Baubau ditetapkan sebagai kota yang mengalami inflasi tertinggi pada bulan juli 2017 yang berada pada angka  2, 44 persen dengan IHK sebesar 134, 83.

Kepala BPS Kota Baubau, Sudirman K. S.Pi, M.Si menjelaskan, sesuai hasil survei, inflasi yang terjadi di 82 kota di Indonesia disebabkan adanya peningkatan kenaikan harga yang cukup signifikan pada 6 kelompok pengeluaran, yaitu kelompok bahan makanan, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar, kelompok sandang, kesehatan, pendidikan rekreasi dan olahraga, serta kelompok tranportasi, komunikasi dan jasa keuangan.

Untuk sebelas kota di pulau sulawesi, Kota Baubau merupakan daerah yang terendah inflasinya, sebesar 0,05%, sehingga BPS menyimpulkan tingkat inflasi Kota Baubau dilihat dari tahun ke tahun (year on year) yakni inflasi Juli 2017 hingga Juli 2016 sebesar 3, 58 persen.

Saat melakukan survei, BPS meneliti 862 komoditas dan menetapkan 10 komoditas utama yang memberikan sumbangan terbesar terjadinya inflasi di kota Baubau. Diantaranya,  golongan sayur mayur meliputi kacang panjang, kangkung, bayam, terong panjang, dari jenis ikan meliputi ikan cakalang, ikan kembung, ikan layang, kemudian pada item tomat sayur, cabai merah dan angkutan udara.

Survey yang dilakukan di daerah perkotaan (urban area) dilakukan dengan total sampel sebanyak 13.608 blok sensus dan total sampel rumah tangga sebanyak 13.080 yang dilaksanakan setiap triwulan, sehingga mencapai hasil 34.020 sampel rumah tangga/triwulannya.(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment