100 Hektar Lahan di Hibahkan untuk Kampus USN

LABUNGKARI – Niat baik Universitas Sembilanbelas November (USN) Negeri Kolaka yang membuka kelas perkuliahan di Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah, mendapat respon positif dari masyarakat setempat. 100 hektar lahan di hibahkan untuk pembangunan kampus USN.

Camat Mawasangka, Erika Ansar Sari membenarkan hal tersebut. Pembangunan kelas jauh tersebut sudah ditinjau langsung oleh pihak rektorat kampus USN Negeri Kolaka bersama pemerintah Kabupaten Buton Tengah

“Betul akan dibangunkan USN dimawasangka ini, bangunan kampus itu akan didirikan di tanah yang dihibahkan masyarakat, kurang lebih 100 Hektar di Desa Wakabangura, Wakambangura II dan Desa Gumanano,” ungkapnya.

Lanjut dia, hibaan tanah tersebut sudah disiapkan masyarakat sejak tahun lalu. Namun belum ada kepastian untuk pembangunannya tersebut, kini masyarakat tinggal menunggu kapan kesiapan pihak Universitas membangun kampus Negeri itu.

Lanjut dia, untuk sementara USN akan menempati bangunan Puskesmas lama milik Kecamatan Mawasangka, sambil menunggu proses pembangunan kampus baru diatas tanah hibah dari masyarakat lokal. “Untuk jurusannya menurut pihak rektorat, akan dibukakan jurusan perikanan di Buteng. Saya kira ini sangat tepat. Mengingat, Kecamatan Mawasangka merupakan daerah dengan hasil laut terbesar di Buteng,” jelasnya.

Selain jurusan perikanan, USN Negeri Kolaka juga berencan membuka jurusan Keperawatan. “Kami dari Pihak Kecamatan sangat berterimakasih karena hadir USN Kolaka ini. Ini berpeluang membuka lapangan kerja baru, bisa merekrut masyarakat Buteng untuk jadi tenaga kerja sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan,” ucapnya.

Lanjut erika, menurut informasi proses perkuliahan di USN Negeri Kolaka dimuali Oktober 2017 mendatang dengan kapasitas tujuh kelas untuk dua jurusan, yaitu jurusan Perikanan dan Kesehatan Masyarakat.

Wakil Bupati Buteng, La Ntau juga mengapresiasi masuknya USN di Buteng. “Ini patut kita syukuri. Dengan begitu, anak-anak kita tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar daerah. Insya Allah, tahun ini juga, USN Negeri Kolaka di Buteng mulai menerima mahasiswa baru,” ujarnya.

Lanjut dia, sebagai bentuk dukungan terkait pembangunan kampus tersebut pihak pemerintah akan membuka akses jalan menuju kampus tersebut. “Kita akan bukakan jalan dari Kecamatan Mawasangka Tengah ke Desa Gumanano Kecamatan Mawasangka. Jadi mempermudah untuk menuju kampus saat ini pekerjaan jalan kita akan dilanjutkan terus hingga tembus ke kampus itu nantinya,” ungkapnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment