PLN Datangkan Dua Mesin PLTD

BURANGA- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Baubau mendatangkan dua mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Kedua mesin tersebut berbentuk konteiner atau yang biasa disebut dengan PLTD Kontenerais.

Manager Area PT PLN Area Baubau, Arif Budy Kurniawan, mengatakan, kedua mesin tersebut didatangkan sekira Agustus lalu dengan kapasitas berbeda, ada yang 1 X 1.000 Kilowatt (KW) dan 1 X 500 Kilowatt (KW) dan jika ditotal keduanya mencapai 1.500 KW atau 1,5 Megawatt. Rencananya keduanya akan mulai difungsikan pada pekan ini.

“Jadi tim dari Jakarta sudah nyampe ke Ereke dan hari ini (kemarin, red) sedang diuji kelayakan operasinya, makanya kemungkinan dalam minggu ini sudah bisa difungsikan,” kata Arif Budy Kurniawan, lewat telepon selulernya, kemarin.

Arif menambahkan, meski letaknya di Butur, namun pemanfaatan kedua alat tersebut, juga bisa dikoneksikan dengan sistem di Baubau, agar bisa dimanfaatkan juga dengan wilayah lain. Hanya saja, yang diutamakan itu adalah daerah Buton Utara.

Dimaksudkan, lanjutnya, untuk menjawab kebutuhan devisit kelistrikan di wilayah Buton Utara (Butur). Sebab, sebelum penambahan dua mesin PLTD tersebut kondisi kelistrikan di wilayah utara Pulau Buton tersebut hanya 1.000 Kilowatt atau 1 MW sedangkan beban puncak mencapai 1,1 MW.

“Makanya harapan kami, dengan daya mampu yang sebelumnya hanya 1 MW dan membuat daya tidak berimbang dan sekarang sudah mencapai 2,5 MW tersebut, sekiranya bisa membantu, meningkatkan dan melistriki serta mengantisipasi pertumbahan beban di Ereka disamping menjawab devisit kelistrikan di Butur, karena yang diutamakan itu adalah
kelistrikannya Ereke ” harapnya.

Diketahui, PLTD tersebut, didatangkan dan diadakan oleh PLN pusat setelah pihaknya melakukan usulan melalui wilayah Makasar.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment