Sekolah di Buteng Bakal di Rampingkan

LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), berencana melakukan perampingan atau menggabungkan sejumlah sekolah di Buteng yang lokasinya berdampingan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Buteng, Nafiu mengungkapkan, perencana perampingan sekolah masih wacana dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu, meski demikian pemerintah kabupaten Buteng, telah dikonsultasikan ketingkat kementeriaan terkait pelaksanaan perampingan

“Upaya perampingan itu, sebenarnya punya banyak manfaat. Salah satunya bisa meminimalisir Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan salah satu dari sekolah yang dirampingkan itu, akan dipindahkan ke lokasi atau tempat yang memang membutuhkan sekolah, jadi tidak serta merta menghilangkan eksistensi sekolah itu,” terang Nafiu.

Lanjut dia, perampingan dilakukan guna untuj meminimalisir sekolah yang kekurangan murid apalagi kalau daerah itu sedikit jumlah anak usia sekolah. Dengan begitu, pelayanan pendidikan bisa kita sama ratakan.

Ditempat berbeda Kepala Dikbud Buteng, Hasan Tali mengatakan, rencana perampingan sekolah itu, sudah mendapatkan restu dari Kementerian. Dan saat ini, tinggal menunggu persetujuan dari pimpinan daerah. Dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Buteng.

“Insya Allah, November 2017 ini kita sudah mulai bekerja, kalaupun tidak bisa dilaksanakan di tahun ini, kita akan upayakan di 2018 mendatang,” singkatnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment