Pemda Buteng Gandeng LPPM UHO Rencanakan Tatralok

LABUNGKARI – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mengandeng Lembaga Peneliti dan Pengembangan Masyarakat Universitas Haluoleo (LPPM UHO) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rencana penyusunan Tataran Transportasi Lokal (Tatralok) Pemda Buteng tahun 2018.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa kepala satua Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Buteng dan dibuka langsung Wakil Bupati Buteng, La Ntau, di Aula kantor Bupati Buteng selasa (19/8)

Dalam sambutannya, Wabupa Buteng La Ntau, berharap Tatralok bisa tersusun dengan baik, efektif dan efisien mengikuti perkembangan pembangunan di Buteng.

Lanjut dia, Keberadaan Tatralok juga, berguna sebagai landasan dan kebidajakan pengembangan sistem trasnportasi baik sarana maupun prasaran penunjangnya. “Transportasi itu, urat nadinya pembangunan. Tanpa itu, pembangunan sampai pertumbuhan ekonomi akan semakit melambat. Semoga ini bisa tersusun dengan sebaik-baiknya, untuk pembangunan Buteng yang lebih baik kedepannya,” ungkapnya

Ditambahkan Kepala Dinas Perhubungan Buteng, Haruni, mengungkapkan, penyusunan Tatralok ditargekan rampung di Desember mendatang, dan penerapannya direncanakan dimulai di 2018.

“Keberhasilan pembangunan suatu daerah, sangat didukung peran transportasi. Olehnya itu, mulai dari sekarang kita coba bina sistem tranportasi kita supaya bisa berkekuatan tinggi, tertib, aman, nyaman dan efisien. Untuk memudahkan itu, kita minta bantuan dari LPPM UHO, yang ahli dalam bidang itu,” terang Haruni.

Sementara Ketua tim LPPM UHO Kendari, Dr Ir La Baco S MSi, mengungkapkan, Tatralok merupakan acuan dalam upaya penataan sistem transportasi daerah. Bukan hanya itu, Tatralok juga sebagai alat bagi daerah untuk memancing anggaran dari pusat, khusunya di sektor perhubungan.

“Kalau sistem transportasi sudah dikelola dengan baik, pertumbuhan ekonomi akan cepat. Selain itu, para insvestor tidak akan ragu berinvestasi di Buteng. Jadi sistem pengkajiannya, kita akan libatkan semua instasi terkait. Karena berbicara Tatralok, menyangkut semua bukan hanya dari Dinas Perhubungan saja,” tutupnya

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment