Batauga dan Sampolawa Rawan Bencana

BATAUGA-Dinas Sosial Buton Selatan menetapkan dua Kecamatan di Busel sebagai wilayah rawan benca. Ke-dua Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Batauga dan Kecamatan Sampoawa.

Kepala dinas Sosial Buton Selatan, Marjani Wali memaparkan, untuk Kecamatan Batauga wilaayah rawan bencana seperti banjir bandang adalah Kelurahan Masiri. Pasalnya, terdapat kali yang cukup besar dan sering kali meluap dimusim tertentu.

Sedangkan untuk Kecamatan Sampolawa, lanjutnya, daerah rawan banjir adalah Kalurahan Jaya Bakti, Lipu mangau, Gunung Sejuk, Katilombu dan sekitarnya. “ini kemarin telah terjadi banjir bandang disana. Itu daerah rawan bencana disana baik itu banji, longsor termasuk banjir bandang. Apalagi dengan terjadinya hutan yang babat habis disana itu,” papar Marjani saat ditemui di kantor bupati Busel beberapa waktu lalu.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya telah melatih beberapa masyarakat setempat termasuk tagana terkait tatacara membantu, mencegah bencana, penyuluhan dan mempberikan kesadaran pada masyarakat terkait kejadian benacana alam. “Kemudian disana juga kita bentuk lumbung persediaan stok makanan. Sehingga kalau terjadi bencana kita harus siap. Ada gudang yang kita siapkan baik itu tenda maupun logistik lainnya. Sehingga kalau terjadi bencana nanti masayarakat tidak lagi usah menunggu dari pemerintah masyarakat bisa langsung bertindak karena sudah ada stok,” ungkapnya.

Sejauh ini, jumlah tagana yang ada di Busel berjumlah 37 orang. Ke-37 orang tersebut susdah melaui proses pelatihan dan ditempatkan diseluruh titik-titik rawan bencana di Busel. “satu titik itu kita siapkan 2 samap 3 tagana. Makanya penanganan banjir di batauga dan sampolawa saya itu masih berada di luar daerah namun laporan itu sudah masuk dan mereka sudah deteksi. Baru hujan turun merka sudah beraksi dilapangan untuk cek. makanya waktu siang kejadian banjir di Sampoalwa itu malam dan paginya itu bantuan sudah masuk. Karena kita sudah tahu berapa kerugian yang dialami. itu taganan sendiri yang mendata,” tambahnya.

Bukan hanya wilayah daratan Busel saja yang terdeteksi rawan bencana. Namun beberapa wilyah di kepulauan Busel juga masuk dalam daftar rawan bencana seperti Kecamatan Batuatas. “Kalau untuk kepulauan ini bencana kekeringan seperti kecamatan batuatas,” tutupnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment