Stok Beras Bulog Aman Hingga Akhir Tahun

BAUBAU- Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Sub Divre Kota Baubau menjamin ketersediaan beras Rakyat Sejahtera (Rastra) sebanyak 2.400 ton masih mencukupi untuk dua bulan ke depan atau hingga Desember 2017.

“Stok beras masih cukup sampai dengan bulan Desember karena stoknya cukup banyak. Totalnya yang tersimpan di gudang Bulog Baubau berjumlah 2.400 ton,” jelas Kepala Perum Bulog Sub Divre Kota Baubau, La Rahibun SSos.

Kata dia, dari total 2.400 ton tersebut, rencananya sebanyak 2.100 ton Rastra akan di distribusikan di Kota Baubau dan daerah lainnya di bawah naungan Bulog Baubau diantaranya Kabupaten Buton, Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah. Penyalurannya ditargetkan tuntas pada Desember 2017.

Dengan demikian, lanjut dia, maka pada Desember mendatang, Bulog Sub Divre Baubau masih memiliki sisa stok Rastra sebanyak 300 ton. “Stok akhirnya masih ada 300 ton,” katanya.

Lanjut dikatakan, jika program Rastra masih berjalan hingga 2018, maka pihaknya akan kembali melakukan penyuplaian beras guna menambah stok.

“Jadi setelah penyaluran nanti, kita datangkan lagi beras dari Konawe atau dari Kolaka. Kalau stok beras di dua daerah tersebut habis, mungkin kita minta di Makassar,” katanya.

Namun dikatakan, pihaknya tidak mau tergesa-gesa untuk melakukan penyuplaian. Hal ini agar mencegah beras tidak tersimpan lama digudang yang mengakibatkan kerusakan.

“Beras kalau tersimpan lama bisa terjadi pergeseran. Makanya untuk 2018 saya akan minta pada akhir tahun sekita November atau Desember dengan catatan berars baru,” katanya.

Dia berharap, jika masyarakat masih menemukan adanya beras Bulog yang tidak layak konsumsi, agar secepatanya melaporkan sehingga dapat ditanggulangi. (Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment