Batulo jadi Saingan Stadion Betoambari

– Pemkot Gelontorkan Rp 185 Juta Bangun 16 Lapak

BAUBAU- Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) di Stadion Betoambari nampaknya akan memiliki saingan tahun ini. Rencananya, pemerintah Kota Baubau akan membangun pusat jajanan serupa di Kelurahan Batulo.

Bahkan rencana tersebut telah dianggarkan dan disetujui dalam APBD perubahan 2017. Pemerintah daerah pun siap menggelontorkan Rp 185 juta untuk membangun 16 lapak bagi masyarakat Batulo khususnya pelaku usaha kuliner.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Baubau, Syamsul Bahri mengatakan pembangunan pusat jajanan di Kelurahan Batulo merupakan usul dari kelurahan setempat dalam Musrembang. Tujuannya untuk menata pelaku usaha yang saat ini menggunakan trotoar untuk berjualan.

Dengan kehadiran pusat jajanan tersebut diharapkan juga menjadi icon bagi Kelurahan Batulo. Mengingat konstruksi pembangunan lapak mengusung entitas budaya Kota Baubau sebagai eks Kesultanan Buton.

“Konstruksinya sendiri sebenarnya terinspirasi dari lapak yang ada di Kota Solo. Tapi kita coba terapkan entitas budaya kita sendiri, jadi tiap lapak yang ada akan dibangun seperti model malige. Nah, harapan kita ini menjadi icon tersendiri,” tutur mantan Kasat Pol PP Kota Baubau ini.

Mengenai lahan pembangunan pujasera tersebut, Syamsul Bahri mengaku akan dibangun disamping kantor ASDP Pelabuhan Fery. Lahan tersebut diakui merupakan lahan pemerintah Kota Baubau sehingga tidak perlu dipermasalahkan.

Syamsul Bahri menjelaskan bila pujasera ini berhasil maka pihaknya akan memprogramkan kegiatan serupa ditahun mendatang dan akan dimajukan ke Bappeda. Namun begitu, lokasinya tak lagi dikelurahan Batulo tapi dikelurahan lainnya yang siap.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment