PWI Sultra Safari Jurnalis di Baubau

BAUBAU- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sultra, Sarjono mengungkapkan kebanggaan menjadi seorang wartawan bukanlah kemudahan akses dengan pejabat daerah. Melainkan, kebanggaan menjadi seorang pewarta dikala mampu mengungkap keresahan yang dialami masyarakat sekitar yang kemudian didengar pemerintah.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, sedikitnya 12 pengurus PWI Sultra melaksanakan safari jurnalistik di Kota Baubau. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Kolaka pada tahun 2016 lalu.

Sarjono dalam konferensi pers di kantor PWI Kota Baubau menjelaskan salah satu program kerja PWI yang dijalankan adalah safari jurnalistik. Safari jurnalistik ini memiliki pesan bahwa PWI bukan hanya menunggu diundang untuk menyiarkan berita dari seorang narasumber.

“PWI bukan hanya sebuah perkumpulan namun menjadi sarana untuk mendekatkan diri dengan pemerintah daerah untuk menyampaikan segala keresahan yang dialami masyarakat,” tukas Sarjono.

Dalam safari jurnalistik tersebut, kata dia, setiap wartawan memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam situasi yang dilalui. Sudut pandang ini dapat dituangkan dalam berita baik straight news atapun dalam bentuk feature mengenai suatu kondisi yang ada.

“Misalnya saja dalam perjalanan tim safari menuju Baubau menggunakan jalur darat. Nah, ternyata jalan yang ditempuh cukup berat karena bergelombang. Hal ini merupakan keresahan rakyat yang perlu disampikan kepada pemerintah dalam bentuk berita,” bebernya.

Mengenai titik safari jurnalistik di Kota Baubau yang notabene yang pertama kalinya, Sarjono mengaku tidak menentukan titik kunjungan. Mengingat safari jurnalistik yang dilakukan berjalan serangkaian dengan pelaksanaan Uji Kopetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan di Kota Baubau.

“Intinya dalam safari jurnalistik ini bukan hanya sekedar hura-hura, namun lebih dari itu untuk membawa pesan yang sedikit ilmiah. Karena dalam perjalanan ini kemudian bisa dilahirkan karya pers dan mendiskusikan apa yang penting untuk diperankan oleh media kepada masyarakat dan ditindaklanjuti pemerintah daerah,”pungkasnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment