9 Parpol Baru Masuk di Baubau

– 19 Parpol Serahkan Salinan berkas Ke KPU

BAUBAU- Dengan ditutupnya tahapan penyerahan salinan berkas keanggotaan partai politik (parpol) ke KPU Kota Baubau, Senin (16/10) pukul 00.00 Wita,tercatat ada 18 (delapan belas) parpol yang resmi terdaftar di KPU Kota Baubau. Dari 18 parpol terdaftar ini terdiri dari 10 parpol lama dan 9 parpol baru.

“Dari 19 parpol ini, 10 diantaranya dalah parpol yang mengikuti pileg pada 2014 lalu, sedangkan 8 arpol lainnya adalah parpol baru yang akan mengikuti pileg 2019 apabila lolos dalam tahapan verifikasi berkas nantinya,’ ungkap Komisioner KPU Divisi Teknis Laode Ijidman kepada awak media, Selasa (17/10) dini hari.

Lebih lanjut, dikatakan, berdasarkan surat edaran KPU RI tertanggal 16 Oktober 2017, parpol diberikan penambahan waktu 1×24 jam, terhitung sampai 17 Oktober 2017 pukul 24.00 Wita, untuk melengkapi kelengkapan berkasnya. “Jadi yang diberikan penambahan waktu ini bukanlah untuk pendaftaran penyerahan salinan berkas, melainkan parpol yang sudah mendaftar tetapi dinyatakan belum lengkap diberikan kesempatan 1×24 jam untuk melengkapi berkasnya,” jelasnya.

Sementara itu, juga disampaikan, Sesuai dengan SOP, parpol harus menyerahkan salinan berkas KTA dan KTP anggota yang disusun berdasarkan kecamatan, sesuai dengan yang diinput di SIPOL, lalu dilakukan perhitungan bukti fisik. “Apabila sinkron bukti fisik dengan data SIPOL maka kami nyatakan lengkap,” tambahnya.

Dari amatan awak media ini, hingga Selasa )17/10) dini hari, tercatat ada 14 parpol yang dinyatakan lengkap berkasnya. Yakni Partai Persatuan Indonesia(Perindo), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gerakan Indonesia Baru (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN).

Partai Idaman, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Republik diterima tapi dinyatakan tidak lengkap. Sedangkan Partai Indonesia Kerja (PIKA) serta Partai Bhinneka Indonesia (PBI) masih dalam tahapan pemeriksaan.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment