Ratusan Talang Disajikan pada Acara Pekande-Kandea

BAUBAU- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Baubau ke-16 yang jatuh pada 17 Oktober 2017, dirangkaikan dengan acara Pekande-Kandea atau acara makan-makan tradisi Adat Buton. Acara yang dipusatkan di Baruga Keraton Buton itu menyajikan talang yang berisi makanan tradisional Buton.

Talang-talang tersebut disediakan sendiri oleh sejumlah intansi, termasuk sekolah di Kota Baubau. Totalnya ada ratusan talang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, H Masri, mengatakan, persiapan penyajian talang, Pemkot Baubau melibatkan seluruh tingkat sekolah dan Instansi Pemerintah Kota Baubau.

Kata dia, talang tersebut berisikan aneka makananan khas tradisional Buton.

Menurut Masri, kegiatan tradisi pekande-kande masyarakat eks Kesultanan Buton itu merupakan budaya yang selalu diselenggarakan setiap tahun setelah upacara HUT Kota Baubau. Ini bermaksud agar menjaga kelestariannya.

Kata dia, sesuai prosesi pelaksanaanya, sebelum melangsungkan acara pekande-kandea, terlebihdahulu diawali kegiatan Santiago.

Dia menjelaskan, Santiago merupakan penyiraman kubur, untuk mengenang para Pemimpin di tanah Buton yang telah lebih dahulu berpulang ke sang khalik.

“Saat ini kita usai melakukan penyiraman kubur sultan Murhum yang merupkakan raja pertama di tanah Buton,”jelasnya.

“Kita berharap acara pe kande-kandea dapat dilaksanakan pada momen-momen yang baik agar generasi muda Buton tetap melestarikan dan kegiatan Santiago dialksanakan setiap tahun agar kenagan dimasa kedipimpinan Sultan Murhum dapat di ingat oleh masyarakat Kota Baubau.”tutupnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment