Usai Pendaftaran Parpol, KPU Lakukan Tahapan Administrasi

BAUBAU- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Baubau remi menutup tahapan penerimaan berkas keanggotaan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019, Senin (16/10), dengan penambahan waktu untuk melengkapi sejumlah persyaratan hingga Selasa (17/10) pukul 24.00 Wita.

Komisioner KPU Kota Baubau Divisi Hukum, Edi Sabara, mengungkapkan, dengan telah usainya masa penerimaan salinan berkas keanggotaan Parpol, maka KPU akan melanjutkan ke tahapan verifikasi parpol.

“Pada tahapan verifikasi parpol, yang menjadi objek penelitian administrasi antara lain penyesuaian data dari berkas yang diserahkan. Misalnya, apakah ada keanggotaan atau pengurus ganda pada sebuah parpol,” ungkapnya pada awak media ini disela-sela kesibukannya, Selasa (17/10) malam.

Lebih lanjut disampaikan, tahapan verifikasi administrasi juga akan meneliti dokumen kepengurusan, dokumen sewa gedung, nomor rekening parpol, dan sebagainya.

Sementara itu dijabarkan, Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang diterapkan akan mempermudah KPU dalam melaksanakan tahapan ini.

“Semuanya akan kami cek. Jika ditemukan adanya keanggotaan ganda, maka KPU akan melakukan verifikasi faktual dalam konteks pemeriksaan administrasi,” tambahnya.

Ia menggambarkan, semisal syarat minimal dukungan keanggotaan Parpol 200, parpol tertentu ada menyerahkan persis 200. Setelah ada kegandaan ternyata berkurang lima menjadi 195. Nanti ada kesempatan masa perbaikan.

“Jika ditemukan kegandaan antar-parpol, misalnya tercatat di partai A dan B, KPU akan menanyakan kepada yang bersangkutan secara langsung di partai mana sebenarnya dia menjadi anggota,” jelasnya.

Setelah tahapan penelitian administrasi, dia mengatakan, KPU akan melakukan tahapan verifikasi faktual dari 15 November 2017 hingga 5 Februari 2018.

“Tahapan ini salah satunya beragenda mengunjungi tempat atau menemui anggota parpol. Hasil kunjungan ini akan dirangkum dan dimasukkan ke SIPOL lagi,” urainya.

Selain itu, pemeriksaan akan dilakukan berjenjang dan maksimal selesai pada 5 Februari 2018.

“Pada 17 Februari 2018, KPU diagendakan mengumumkan parpol yang lolos sebagai peserta pemilu 2019,” tandasnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment