Sipol KPU Diharap Tak Jadi Penghalang Partai Ikut Pemilu 2019

BAUBAU- Sekretaris DPC Partai Hanura, Fajar Ishak, berharap, Sistem Informasi Informasi Partai Politik ( Sipol) Komisi Pemilihan Umum ( KPU) tidak menjadi hambatan bagi partai politik dalam proses pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2019.

KPU mewajibkan partai politik mengisi data partai pada Sipol. Pada Sipol ini, Parpol harus mengisi data mengenai kepengurusan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan, data anggota tingkat kabupaten/kota, serta data pendukung seperti SK Kemenkumham, lambang partai, serta nomor rekening dan data lainnya.

“Kami berharap semoga (Sipol, red) ini tidak menjadi halangan bagi parpol untuk mengikuti pemilu 2019,” kata Fajar Ishak, Selasa.

Menurutnya, Sipol merupakan satu sistem yang baru, yang dalam penerapannya mengharuskan partai melakukan kerja yang lebih keras memenuhi persyaratannya.
Sipol juga merupakan sistem yang baik dalam melihat kesiapan parpol yang akan mengikuti Pemilu 2019.

“Ini merupakan sistem baru, yang kedepannya saya menilai sangat bermanfaat. Namun dalam teknisnya memang membuat kami bekerja lebih keras. Saya kira, sistem ini sangat baik dalam rangka melihat kesiapan parpol yang akan mengikuti Pemilu 2019. Dan kami menghargai dan mengapresiasi mekanisme ini,” tandasnya.

Ditempat terpisah, Komisioner KPU Kota Baubau Divisi Hukum, Edi Sabara, mengatakan, dalam UU Pemilu nomor 7 tahun 2017, tidak dimaktubkan tentang penerapan SIPOL tersebut. Namun dalam pelaksanaannya, KPU membuat peraturan yakni Peraturan KPU, yang berfungsi untuk menjabarkan dari UU tersebut.

“Peraturan itu sebagai pedoman bagi KPU untuk melaksanakan UU itu, dan untuk memudahkan maka dibuatlah SIPOL, tapi maaf saya kurang tahu bagimana tujuannya pembuat peraturan KPU tersebut, kami di kabupaten/kota hanya menerima saja, persoalan apa yang menjadi landasan diterapkannya aturan tersebut kami tidak bisa mereka-reka, KPU RI yang bisa menjawabnya,” tandasnya ketika ditemui awak media ini dikantornya, Kamis (20/10).

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment