Potret Eksplor Budaya Busel

BATAUGA – Kabupaten Buton Selatan memiliki beberapa potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan merupakan daya tarik tersendiri dalam mendatangkan wisatwan datang Ke Busel. Tidak ketinggalan tim Potret budaya salah satu stasiun TV nasional berkunjung ke Pulau Siompu.

Kameramen tim Potret Budaya SCTV, Akem ketika ditemui mengungkapkan tujuan kedatangan mereka di Busel untuk mengesplor keindahan dan sumber daya yang masih terjaga di Busel. Kali ini, pihaknya bakal mengesplor istana ikan hiu yang terletak di laut perbatasan antara pulau Siompu dan Pulau Piater Bood (Liwutongkidi). “Kebetulan kali ini kita mendengar informasi kalau ada spot diving yang ikan hiu nya banyak. Jadi kita pengen lihat dan mengesplor sejauh mana dan seberapa besar pengaruh hiu itu terhadap perikanan di Busel. Nantinya kita akan melakukan beberpa kali penyelaman untuk melihat aktifitas hiu itu,” ungkapnya, Senin (23/10).

Selain itu tim juga akan berkunjung dibeberapa kampung nelayan di wilayah Busel yang potensi perikanannya sangat luar biasa. “Katanya itu di Desa Bahari, Kecamatan Sampolawa kampung nelayannya,” tambahnya.

Program Potret Budaya SCTV merupakan salah satu program edukasi Surya Citra TeleVisi yang mencerdaskan. Dimana program tersebut akan menggali sesuatu secara keilmuan (sains). “Selain itu kita masih mencoba menggali kra-kira potensi apa lagi yang bisa angkat sehingga orang-orang Indonesia bisa tau tentang keberadaan Busel,” katanya.

Menurut Akem, selama ini, timnya kebanyakan mengesplor potensi wisata diwilayah bagian barat Indonesia saja. Dengan adanya istana Hiu di Busel pihaknya memutuskan untuk mengesplor potensi laut Busel tersebut. “Kami memilih Busel ini karena pertama kita tertarik dengan ikan hiu nya. Karena tidak di semua tempat yang miliki ikan hiunya. makanya kami memilih Busel. Selain itukan kebetulan selama ini kami kebanyakan di Indonesia bagian barat, nah kita mencoba di Indonesia bagian tengah dan kemungkinan kami akan mencoba di Indonesia bagian timur,” tambahnya.

Sesuai dengan jadwal, tim Potret Budaya SCTV akan berada di Busel selama 10 hari. Jadwal ini sudah terbagi waktu liputan kuliner ikan asap di Kabupaten Buton Tengah (Buteng). “Kalau kita melihat kan ada beberapa potensi yang luar biasa di kawasan Buton Ini dan ada kemungkinan kita akan berlanjut liputannya. Semalam itu kami sudah bertemu dengan komunitas penyelam Rock And Rool, mereka sering keef Dive. Kemungkinan kita juga akan bikin soal Keef Dive di daerah Buton. Nantinya kita harapkan semua orang mau membantu apa yang akan kita buat ini. Karena inikan bagian kecil dari promosi daerah ini,” pungkasnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment