Desa Kamelanta Wakili Buton Lomba P2WKSS

PASARWAJO – Tim penilai lomba Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Sultra melakukan penilaian di Kabupaten Buton, Selasa, 24 Oktober 2017. Tim ini diketuai Dr Sarifuddin Safaa.

Pada lomba P2WKKS kali ini, Kabupaten Buton diwakili Desa Kamelanta Kecamatan Kapontori.

Desa Kamelanta merupakan salah satu desa yang tergolong daerah rawan tertinggal. Namun pembinaan yang dilakukan pemerintah daerah dan anggota PKK, Desa Kamelanta mengalami perubahan dan peningkatan dari segala hal.

Selama ini, Desa Kamelanta dukungan tim terpadu dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton.

Camat Kapontori Jufri Tendea mengatakan, Desa Kamelanta sejak awal siap mengikuti lomba P2WKSS. Desa ini memiliki banyak potensi hasil pertanian dan perikanan. Salah satunya adalah rumput laut. Makanya, Jufri optimis Desa Kamelanta mampu bersaing dengan desa lainny yang ada di Sultra.

Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Buton Makmur menjelaskan, P2WKSS merupakan program terpadu peningkatan peranan perempuan dengan menggunakan pola pendekatan lintas sektoral untuk meningkatkan kualitas keluarga.

“Dengan adanya dukungan, motivasi dan keterlibatan masyarakat khususnya peran perempuan, diharapkan program ini semakin dinamis. Sehingga jangan hanya jadi program tahunan namun harus dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya perempuan dan keluarga,” ujarnya.

Menurut Makmur, bila manfaat kegiatan itu bisa dirasakan, dipastikan masyarakat akan mendukung dan aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan. Makanya, Makmur sangat berharap kegiatan itu memberi dampak positif dalam rangka meningkatkan pembangunan.

“Lomba bukanlah semata-mata mencari juara. Menang atau kalah bukan tujuan utama, tetapi proses meningkatkan partisipasi perempuan, itu sangat penting,” ujarnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment