Polres Buton Akan Kawal ADD

PASARWAJO- Polres Buton akan ikut mengawasi penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) di 143 Desa untuk dua wilayah kerjanya, Buton dan dan Buton Selatan (Busel).

Langkah tersebut dilakukan setelah adanya penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa, oleh Polri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman, mengatakan, tindak lanjut dari MoU tersebut, pihaknya akan menggelar pertemuan bersama Plt Bupati dan Pemerintah Desa (Pemdes).

“Besok (25/10) saya bersama pemerintah Daerah dan Pemdes akan menggelar pertemuan,” ujar Kapolres.

Dijelaskannya, dalam melakukan pengawasan dilapangan, Pores Buton akan melibatkan langsung Bhabinkamtibmas di Desa-Desa. Mereka akan bertugas mulai dari perencanaan ADD, sehingga jika ada permasalahan dapat langsung dilaporkan.

“Kita ada 50 bhabinkamtibmas akan mengawasi 145 desa di Buton dan Busel satu bhabinkamtibmas akan mengawasi tiga desa,”ujarnya.

Menurutnya, pengawasan yang dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang berdampak terhambatnya rencana pembangunan.

“Kalau laporan dan pengaduan yang diterima polisi itu banyak sekali soal dana desa hanya saja setiapnada laporan kita lidik dulu lapangan sejak adanya dana desa hingga saat ini sudah 6 kasus yang ditangani Polres Buton ,” kata dia.

Pihaknya berharap dengan adanya pengawasan dari Polri kedepannya pengelolaan anggaran di wilayahnya bisa berjalan secara transparan, aman tidak terjadi persoalan.

Disisi lain, jika ada oknum Kepolisian yang terbukti melakukan pelanggaran terkait pengawasan ADD, maka pihyaknya siap memberikan sanksi pemecatan.

“Untuk pengawasan dana desa jangankan anggota Kapolrespun dapat dipecat jika mencoba bermain-main dengan anggaran dana desa,”ujarnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment