Wakatobi Target 3 Pelabuhan Veri Rampung 2020

WAKATOBI -Rencana pemerintah daerah kabupaten Wakatobi untuk melakukan pembangunan dermaga very di 3 pulau besar, Kaledupa, Tomia, Binongko, di perkiran akan rampung secara keseluruhan pada tahun 2020 ke depan.

Hal tersebut di ungkapkan anggota DPR RI Drs H Umar Arsal saat bertandang ke Wakatobi dalam rangka melaksanakan reses yang di rangkaikan dengan bakti sosial. Di kesempatan itu, Umar Arsal, membeberkan bahwa anggaran pembangunan dermaga very di setiap pulau telah ada tetapi pembagunan tahap pertama pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan Kaledupa terlebih dulu.

Dan anggaran tahap awal pembangunan berkisar Rp 50 Miliyar dan lokasi yang menjadi sasaran pembangunan sudah memenuhi studi kelayakan. ” rata-rata itu anggaran awal 50 miliyar nanti selesai ini akan ratusan milyar anggarannya
Sehingga kedepan kita harapkan mobil sudah bisa langsung di muat dari Kendari melalui Wanci, Kaledupa, Tomia hingga ke Binongko,” katanya.

Ia memaparkan kapal Veri khusunya yang ada di pulau Binongko, juga bakal menuju Nusa Tenggara Timur (NTT) guna mensuplay hasil bumi dari Binongko atau maupun sebaliknya.

Sementara sekda Wakatobi Muh Ilyas Abibu, mengatakan bahwa untuk lokasi pembangunan dermaga very tersebut, pihaknya telah melakukan peninjauan bersama dengan kemetrian perhubungan untuk melihat kelayakan lokasi. Kesiapan dokumen baik dokumen master plen, DED, hingga dokumen lingkungan pun telah di rampungkan

“tahun depan tinggal pekerjaanya Kalau di Tomia di desa Kolo Soha, Keledupa di desa ollo, kalau di binongko sudah lupa nama desanya sudah siap untuk lahanya. ” jelasnya. Khusus untuk pulau kaledupa provinsi juga sudah melakukan kegiatan pemetaan lahan di bagian laut.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment