Cegah Korupsi, Kajati Tawarkan T4PD

PASARWAJO- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra, Azhari SH MH bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker), sekaligis sosialisasi Tim Pengawalan, Pengamanan, Pemerintah, dan Pembangunan Daerah (TP4D) di Kabupaten Buton, Kamis (2/11).

Dalam pertemuan di aula kantor Bupati Buton, Azhari menjelaskan,

sebagaiman Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang aksi pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi di Instansi pemerintahan, maka Kejaksaan Agung membentuk T4A. Didaerah bernama T4AD.

Sebagaiman instruksi tersebut, maka fungsi kejaksaan saat ini bukan sebatas pada penindakkan kasus hukum, melainkan juga berfokus pada fungsi pencegahan.

“Kejaksaan juga lebih preventif sekarang,” katanya.

Hanya saja menurutnya, peran pencegahan kasus hukum bisa terwujud jika Pemerintah Daerah (Pemda) mau membuka diri untuk melakukan koordinasi dengan kejaksaan, dalam menjalankan program yang memakai anggaran daerah. Dalam hal ini kejaksaan akan melakukan pendampingan hukum untuk memastikan pengelolaan anggaran tepat sasaran dan tidak menyalahi ketentuan hukum.

Sasaran TP4D itu sendiri, jelas Mantan Wakajati Jambi itu yakni selain untuk memacu kinerja pemerintah daerah agar lebih efektif memanfaatkan anggaran yang ada, juga untuk mendorong agar serapan anggaran suatu Dinas atau daerah semakin maksimal. Sehingga diharapkan berdampak pada kemakmuran masyarakat.

Plt Bupati Buton, La Bakry menyambut hangat kunker yang dilakukan Kajati Sultra, termasuk kaitannya dengan upaya koordinasi yang dibangun antara Pemda dan Kejaksaan.

“Semoga dengan adanya TP4D, pengelolaan keuangan negara semakin efektif dan jauh dari penyimpangan hukum,” katanya.

La Bakry juga menghimbau seluruh jajarannya tidak mencoba bermain-main dengan anggaran daerah jika tidak ingin tersangkut kasus hukum.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment