Ribuan Warga Padati Pantai Wajo

PASARWAJO – Ribuan warga Pasarwajo memadati areal Kollo Pantai Wajo, Pasarwajo Buton untuk mengikuti tradisi Picundukia dan mandi di pantai yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Ribuan warga yang datang antusias membawa serta keluarganya, ada yang sekaligus membawa serta anaknya untuk melakukan ritual ini dan ada juga yang mandi-mandi atau sekedar datang berkumpul bersama rekannya di Pantai, tak ayal penjual es buah laris manis ditengah teriknya panas matahari di pantai minggu(5/11).

Neni salah satu warga mengatakan datang di Kollo membawa anak pertamanya yang masih balita untuk mengikuti ritual Picundukia dengan membawa ayam.”Ini tradisi sejak lama, saya membawa anak saya untuk diberi sarati oleh tokoh adat mudah-mudahan nantinya selalu sehat dalam lindungan allah swt,”ujarnya.

Dia sangat senang selain anaknya didoakan juga dapat santai sejenak dipantai dihari minggu bersama keluarganya. Hal senada juga dikatakan Akbar menurutnya mandi dipantai wajo hanya dilakukan setiap dua tahun sekali secara beramai-ramai bukan hanya masyarakat tapi pemamgku adatnya yang diyakini air doa dari pemangku adat dapat memberi keberuntungan.
“Kita senang dapat ikuti acara ini,” katanya.

Penjual es buah juga tak kalah antusiasnya, katanya jualan es buahnya laris manis selama acara apalagi cuacanya panas.”Kalau saja larisnya begini setiap hari,”pintanya.

(Kepton pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment