Terkait Bom, Posal Amankan Dua Warga Baubau

BATAUGA- Dua Warga Kelurahaan Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, La Saimu (50) dan La Unca (50) terpaksa diamankan pihak Pos Angkatan Laut (Posal) Kota Baubau karena diduga melakukan aktifitas pengeboman ikan di laut Piater Bood (pulau liwutongkidi), Minggu (5/11). Penangkapan dilakukan atas laporan warga Siompu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Busel, Heru Sungkowo, melalui Kepala Bidang Kelautan dan Tangka DKP Busel, Nafiruddin SE membenarkan penangkapan tersebut. Kata dia, proses penangkapannya dilakukan pada pukul 07.00 Wita, Minggu (5/11). Keduanya ditangkap di tempat yang berbeda.

“Mereka ini kan membagi tim, ada yang di pulau Ular dan ada di Pulau Siompunya. Pada saat mereka melakukan aktifitas itu pihak Danposal Liwutongkidi dengar, maka diutuslah Posal Grup Siompu untuk menangkap mereka itu,” kata Nafiruddin saat di konfirmasi via telponnya, Minggu (5/11).

Dia menjelaskan, aksi pengeboman yang dilakukan para pelaku diketahui dari laporan warga yang telah lama mengintai pergerakan para pelaku. Warga kemudian melaporkan hal tersebut ke DKP Busel. Laporan tersebut oleh DKP dilanjutkan ke Posal yang kemudian dilakukan penindakan.

“Yang jelasnya, para pelaku ini berasal dari luar Busel. Dia berasal dari Kota Baubau. Para pelaku juga ini sudah lama di intai oleh DKP dan aparat. Sekitar dua Minggu kita lakukan pengintaian terhadap para pelaku ini,” beber Nafiruddin.

Menurut dia, kasus ini merupakan bukti bahwa pihaknya benar-benar serius dalam menjaga laut Busel. Sebab Laut meruakan salah satu sektor andalan Kabupaten yang baru saja merayakan hari jadinya yang ketiga. “Ini bukti kalau kita benar-benar serius menjaga laut kami,” imbuhnya.

Komandan Posal Baubau, Letda Andi membenarkan adanya penangkapan dua warga kota Baubau itu. Hanya saja pihaknya belum mau memberikan keterangan lebih jauh.

(Kepton pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment