17 Perusahaan belum Penuhi Kewajiban

– Daftarkan Karyawan di BPJS

BAUBAU- Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau mencatat sedikitnya 671 perusahaan yang masih aktif baik skala besar hingga kecil tahun 2017. Dari total keseluruhan baru 654 perusahaan yang mendaftarkan tenaga kerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Baru 654, artinya masih ada 17 perusahaan yang belum sadar untuk mendaftarkan tenaga kerjanya guna mendapatkan jaminan kesehatan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Zarta ditemui dikantornya, belum lama ini.

Mantan Sekretaris Disdukcapil Kota Baubau ini menjelaskan data jumlah perusahaan yang sudah mendaftarkan tenaga kerjanya ini per September 2017 lalu. Data tersebut disampaikan langsung pihak BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi BPJS Ketenagakerjaan meminta kami selaku dinas teknis untuk memfasilitasi dan memberikan himbauan kepada perusahaan yang belum mendaftarkan diri di BPJS. Hal ini perlu agar tenaga kerja bisa memperoleh jaminan kesehatan bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan kerja,” tukasnya.

Zarta mengurai 671 perusahaan di Kota Baubau menyerap tenaga kerja mencapai 5.710 orang. Dari keselurahan tenaga kerja yang sudah terdaftar masuk dalam jaminan BPJS sekitar 5.172 dari 654 perusahaan.

Artinya, masih ada sekitar 538 tenaga kerja dari 17 perusahaan yang belum mendaftarkan diri ke BPJS. Jumlah ini, nilai Zarta masih tergolong cukup tinggi.

Pihaknya mengaku selalu himbau kepada perusahaan agar mendaftarkan semua tenaga kerjanya untuk mendapatkan jaminan kesehatan di BPJS. Karena itu hak tenaga kerja yang harus dipenuhi perusahaan.

“Perusahaan itu wajib dalam urusan tenaga kerja ini. Sebab, jika tidak didaftarkan maka perusahaan wajib menanggung sendiri resikonya jika tenaga kerjanya mendapat kecelakaan kerja,” tandasnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment