Pangeran Cirebon Hadiri Ultah Cucu Sultan Buton

BAUBAU- Pangeran Cirebon, Zainuddin menapakan kakinya di Kota Baubau, Senin (06/11). Kehadiran cucu terakhir dari Patih Mulya Atmaja Kusumah ini tiba di Baubau untuk memenuhi undangan ulang tahun ke-63 cucu Sultan Buton, Wa Ode Maasra, yang diperingati 7 November (hari ini).

Kepada Kepton Pos, Zainuddin tak dapat menyembunyikan decak kagum dengan pelestarian budaya di eks wilayah Kerajaan Buton itu. “Saya sampai merinding ketika mengunjungi tempat-tempat peninggalan yang ada di Kesultanan Buton, saya merasa seperti ada yang menemani saya saat melakukan ziarah. Dan seluruh peninggalan kebudayaan masih terawat dengan baik hingga dijadikan museum,” ungkapnya.

Secara silsilah, lanjut Zainuddin, Kesultanan Buton masih memiliki garis kekerabatan dengan kesultanan Cirebon. Pertaliannya dapat dilihat melalui kerajaan Majapahit dan Kesultanan Mataram.

Tak heran kultur budaya antara Kesultanan Buton dan Kesultanan Cirebon memiliki banyak persamaan. “Negara caruban adalah negara campuran yang terdiri dari cina dan arab, kedua kesultanan ini sama-sama memiliki campuran dari dua negara tersebut,” tambahnya.

Zainuddin menambahkan persahabatan antara dirinya dengan Kesultanan Buton terus dipelihara setelah bertemu dengan perwakilan Kesultanan Buton dalam festival keraton nusantara II. Sejak saat itu, dirinya intens membangun komunikasi dengan Kesultanan Buton.

“Komunikasi secara internal terus terjalin sejak itu, dan ini pertama kalinya saya menginjak kaki di Kesultanan Buton, dan saya sungguh kagum dengan pelestarian budaya yang ada, saya berharap budaya Kesultanan Buton terus dilestarikan,” tandasnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment