Sehari Setelah Pencoblosan Komisioner KPUD Diganti

BAUBAU- Masa jabatan lima komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Baubau berakhir tanggal 28 Juni 2018 mendatang. Akhir masa jabatan ini tepat sehari setelah pencoblosan pilwali 2018 mendatang.

“Iya benar, sehari setelah pencoblosan masa jabatan kami berakhir. Kita tinggal menunggu perintah apakah diperpanjang atau seleksi baru tapi yang jelas terakhir masa jabatan pada tanggal 28 Juni 2018,” kata Ketua KPUD Kota Baubau, Dian Anggraini di kantornya, Senin (06/11).

Dian yang sudah tiga periode menjadi komisioner KPUD Kota Baubau ini mengaku belum tahu prosedur selanjutnya mengenai pergantian komisioner. Intinya, pihaknya akan menyelesaikan tugas sesuai masa jabatan berakhir.

“Seleksi terhadap komisioner baru itu gawaian KPU RI. Jelas dalam perjalanan pilwali KPU RI melakukan peerekrutan komisioner baru. Tapi kita belum tahu bagaimana pelantikan komisioner yang baru ini,” bebernya.

Pihaknya menjelaskan berdasarkan UU pemilu Nomor 7 Tahun 2017 yang baru saja dikeluarkan tidak diatur bagi penyelenggara pemilu yang sedang melaksanakan pilkada akan diperpanjang. Olehnya, pihaknya hanya berkomitmen untuk menyelesaikan tugas sesuai masa jabatan.

Dian mengurai transisi pemberian tugas kepada komisioner baru setelah akhir masa jabatan sehari setelah pencoblosan akan diatur lebih lanjut oleh KPU RI. Pihaknya tak memiliki kewenangan apakah akan berpotensi melahirkan gangguan pelaksanaan atau tidak.

“Kalau berbicara menggangu tahapan itu bukan rana kami lagi. Jelasnya itu ada pemberian kuasa kepada komisioner baru, kami hanya sampai akhir masa jabatan. Khan kalau jadwal itu sifatnya tentatif atau tetap. Jadi komisioner yang baru tinggal menyesuaikan saja,” tandasnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment