Kendari – Partai Demokrat telah menyampaikan surat penugasan kepada pasangan Rusda Mahmud-Safei Kahar mencari partai koalisi untuk maju pada Pemilihan Gubernur Sultra 2018.

“Memang benar bahwa Demokrat sudah memberikan surat tugas kepada Rusda-Safei untuk mencari partai diajak berkoalisi di Pilgub Sultra,” kata Ketua DPD Demokrat Sultra, Muhammad Endang dari Jakarta, Jumat.

Muhammad Endang menegaskan dukungan yang diberikan kepada pasangan tersebut baru sebatas surat tugas karena Demokrat butuh koalisi partai untuk bisa mengusung pasangan calon.

“Belum ada Surat Keputusan usungan karena Demokrat hanya memiliki 6 kursi di DPRD Sultra sehingga butuh dukungan partai minimal dengan akumulasi 3 kursi agar bisa mencapai sembilan kursi untuk bisa mendaftar di KPU Sultra,” katanya.

Selain Rusda-Safei, pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Sultra yang sudah mengantongi resmi dukungan partai untuk mendaftar di KPU Sultra adalah pasangan Asrun-Hugua.

Partai yang sudah resmi mengeluarkan dukungan kepada pasangan Asrun-Hugua adalah PAN (9), PKS (5) dan PDIP (5).

Partai lain yang kemungkinan besar juga mengusung Asrun-Hugua adalah PKB (1), PPP (2), Hanura (3) dan Gerindra (4 kursi).

Sementara Ali Mazi-Lukman Abunawas mengaku telah mendapat rekomendasi dari Partai Nasdem (3 kursi) dan Golkar (7 kursi). (ant/nis)