42 Keluarga Veteran Terima Santunan

WAKATOBI – Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2017, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi berikan santunan kepada 42 keluarga veteran.

Pemberian santunan dilakukan sesaat setelah upacara peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di depan Kantor Kabupaten Wakatobi. Upacara yang dipimpin langsung Bupati Wakatobi, H Arhawi bersama Ilmiati Daut (Wabup) dihadiri Ketua DPRD Wakatobi, Mohammad Ali bersama anggota, perangkat organisasi perangkat daerah (OPD), TNI, Polri, 42 keluarga Veteran, serta ratusan siswa-siswi se-Wangiwangi.

Bupati Wakatobi Arhawi, menyatakan, upacara hari pahlawan pada 10 November diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia. Sebab memperingati Hari Pahlawan tersebut merupakan bentuk penghormatan dan mengenang jasa para pendahulu (Pahlawan) sebagai Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI).

“Mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka,” kata Arhawi.

Lanjutnya Hari Pahlawan yang diperingati saat ini juga salah satu mengingatkan adanya satu peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah indonesia dari dekolonisasi dunia, yakni “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya.

Dimana peristiwa tersebut memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu, untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment