75 Kansoda’a Meriahkan Wakatobi Wave

WAKATOBI – Pembukaan Wakatobi Wanderful Festifal and Expo (Wave) yang dilaksanakan di pelabuhan Panggulubelo Kecamatan Wangiwangi Selatan Sabtu 11/11/2017 menampilkan berbagai atraksi budaya khas Wakatobi.

Sebanyak 75 kansoda’a, ditampilkan dalam kegiatan Wave didukung dengan pagelaran perahu hias, tari dua’a masyarakat bajo mola, serta tarian kombinasi dari empat pulau yang dikemas menjadi tari kolosal.

Bupati Wakatobi H Arhawi dalam sambutanya menyampaikan, Wakatobi wanderful festifal and Expo (wave) merupakan iven nasional yang telah di tetapkan oleh kementrian pariwisata nasional dan telah masuk dalam kalender ifen nasional sehingga pelaksana wakatobi wave tahun 2017 sangat penting bagi masyarakat Wakatobi maupun nasional

“Mengapresiasi keraganan budaya membina sprit maritim dalam rangka memperkaya khasanah budaya nasonal dan itu merupakan komitmen pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten Wakatobi untuk menjaga khasanah budaya maritim untuk terus di pelihara dan dikembangkan dan menjadi kekayaan budaya nasional,” katanya.

Pelaksanaan Wakatobi Wave, lanjutnya, merupakan bukti nyata keragaman budaya maritim yang ada di kabupaten wakatobi, apalagi tarian kolosal yang mewakili keragaman etnis dan seni budaya wakatobi ke empat pulau, wangi-wangi, kaledupa, tomia, binongko dan Wave menyajikan expo hasil kerajianan masyarakat dan kuliner lokal.

Untuk di ketahui pelaksanaan Wakatobi Wave tahun 2017 turut di hadiri pula rombongan raja dan sultran se-nusantara, manca negara, bupati taliabo serta wakil kota baubau.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment