BPS Wacanakan Forum Data Satu Pintu

BAUBAU- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau mewacanakan forum data satu pintu di Kota Baubau. Hal itu mulai digodok melalui sosialisasi focus group discussion (FGD) dengan instansi pemerintah di Kota Baubau.

Kegiatan yang berlangsung senin (13/11) di restoran Lakeba, dibuka Plt Sekretaris Daerah Kota Baubau, Armin. Unsur muspida Kota Baubau dan jajaran kepala SKPD hadir dalam kegiatan tersebut.

“Untuk menghasilkan data statistik yang bermanfaat bagi pembangunan daerah tentu tidak mudah. Tantangan dan hambatan saat mengumpulkan data akan terjadi, seperti keberpihakkan Aparatul Sipil Negara (ASN) yang belum memahami pentingnya informasi untuk pembangunan daerah,” paparnya.

Armin mengapresiasi forum group diskusi yang muaranya melahirkan pelaksanaan statistik sektoral dengan BPS menjadi pusat rujukan. Mengingat metrodologinya pengumpulan data yang saat ini belum memenuhi standar termasuk pendataan yang masih belum terdokumentasi dengan baik.

Kepala BPS Sultra, Atqa Mardianto, mengungkapkan pertemuan tersebut nantinya dapat membangun sistem informasi di Kota Baubau. Diharapkan daerah pemilik benteng terluas di dunia ini bisa menjadi embrio sebagai rekomendasi kepada masing-masing daerah untuk melakukan forum data.

Forum data nantinya akan mengakomodir para SKPD menjadi anggota untuk melakukan pengimputan data. “Selama inikan masing-masing instansi melakukan pendataan, nantinya akan terpandu menjadi satu tempat, yang dimisalkan ada yang menginginkan data akurat, bisa mengambil ke data yang sudah disepakati, tidak perlu lagi ke instansi yang lain,” harapnya.

Forum data nantinya akan terpusat di satu instansi, yang akan disimpan melalui server yang dapat diakses secara portal.” Sekaran baru kita lakukan embrionya, nanti tercipta satu forum baru, entah data itu berada di Bapeda, BPS, Kominfo, terserah dari kesepakatan,” tutupnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment