Distribusi Raskin Belum Maksimal

MUNA – Beras miskin (Raskin) juga masih disalurkan di Kabupaten Muna. Semua Desa yang ada dipastikan memperoleh raskin tersebut. Namun, beberapa desa diantaranya belum tersalurkan.

Kepala Kantor Logistik Raha, sulamet mengatakan dari seluruh Desa yang ada di Kabupaten Muna, sekira 15 Desa belum mendapatkan pembagian raskin karena pemerintah Desa yang bersangkutan sampai saat ini belum mengurus untuk penyaluran raskin tersebut.

Kata dia, Pemerintah Kabupaten Muna menetapkan bantuan logistik ini kemasyarakat, yakni dua kali dalam setahun. Dimana bulan Januari sampai bulan Juni, merupakan tahap pertama. Sedangkan tahap kedua, yakni dilaksanakan bulan Juli sampai bulan November ini.

Tahap pertama tentunya sudah selesai dari bulan Juni lalu. Kini berjalan tahap kedua dan sampai November ini masih ada beberapa desa yang belum mengurus untuk mendapatkan raskin yang sudah ditentukan.

“Sekira 15 Desa lagi yang belum mengambil raskin”, bebernya, ditemui dikantornya, Jumat(10/11).

Lebih lanjut, Ia juga mengatakan, beberapa desa yang belum mendapatkan bagian akan segera diselesaikan pula bulan ini. Seluruh kepala desa yang bersangkutan sudah disampaikan dan mereka akan segera mengurusnya. “Dipastikan november ini akan segera disalurkan kedesa-desa yang belum terbagikan dan seluruh kepala desa yang bersangkutan sudah kami sampaikan untuk segera mengurusnya,” ulasnya.

Ia juga menambahkan, biaya distribusi/mobilisasi raskin tersebut dibiayai oleh kantor badan usaha logistik sendiri. “Jadi biaya pengangkutan dari gudang hingga kedesa yang dituju, itu dibiayai oleh Bulog sendiri,” pungkasnya.

Terkait pembagian raskin tersebut, dalam satu keluarga mendapatkan 15 kg dengan harga yang ditentukan Rp. 1.600 per kilogram. “Jadi Kalau semisal masyarakat membayar diatas itu, berarti pihak pemerintah Desa yang melebihkan harganya dengan pertimbangan tertentu,” terangnya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment