Walikota Ditanya kapan Seleksi CPNS

– Saat Bertemu Guru PTT Swasta

BAUBAU- Moratorium CPNS membuat galau para pencari kerja di Kota Baubau. Terutama guru PTT di sekolah swasta. Salah satunya Tasibah yang sudah mengabdi sekitar 12 tahun sebagai guru PTT di sekolah taman kanak-kanak.

Dalam pertemuan silaturahmi guru PTT swasta dengan walikota Baubau beberapa waktu lalu, Tasibah bertanya kepada walikota terkait penyebab Kota Baubau sudah lebih dari lima tahun tak membuka seleksi penerimaan pegawai negeri sipil.

Tasibah cukup resah dengan kondisi itu, mengingat sudah 12 tahun dirinya mengabdikan sebagai tenaga honorer di sekolah swasta, juga tak ada peluang untuk diakomodir sebagai pegawai negeri. “Saya ini sudah 12 tahun mengajar di TK pak, tapi semakin tidak ada kepastian nasibnya kami ini, apalagi sudah beberapa tahun ini tidak ada penerimaan CPNS di Baubau,” keluhnya.

Walikota Baubau AS Tamrin menjelaskan kebijakan rekruitmen CPNS merupakan kewenangan pemerintah pusat. Pemkot Baubau telah berupaya berkordinasi dengan pemerintah pusat termasuk Kemenpan RB untuk dibukakan ruang rekruitmen CPNS khususnya tenaga guru dan kesehatan di Kota Baubau.

Hasil pertemuan tersebut pemerintah daerah telah diminta untuk menyerahkan analisis jabatan tentang kekurangan tenaga guru dan kesehatan di Kota Baubau. “Kita sudah serahkan juga dokumen itu kepada pemerintah pusat namun sampai sekarang memang belum ada ruang penerimaan CPNS karena kebijakan moratorium yang dilakukan pemerintah pusat. Kita berharap khusus untuk tenaga guru dan kesehatan bisa kita diberikan karena ini memang yang masih kurang di Kota Baubau,” paparnya.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, Drs Masri menambahkan, jika melihat dari syarat yang diamanahkan, Baubau harusnya sudah diberikan ruang untuk rekruitmen CPNS. Mengingat belanja pegawai kita sudah berada dibawah 50 persen. “Tapi lagi-lagi yang bisa membuka kran moratorium CPNS itu hanya pemerintah pusat, kita berharap Baubau bisa dikasih kouta mengingat belanja pegawai kita sudah layak untuk menerima pegawai,” katanya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment