Unidayan Naik Peringkat

BAUBAU- Peringkat Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau di tingkat nasional naik ke posisi 286 dari 3.320 perguruan tinggi di Indonesia.. Sebelumnya kampus berlogo kanturuna Wolio itu berada di peringkat 441.

Hasil pemeringkatan itu dilakukan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia terhadap 3.320 perguruan tinggi di Indonesia. Hasil pemeringkatan tersebut dirilis pada Agustus 2017.

Dari hasil publikasi tahunan Ristekdikti RI itu, Unidayan melesat 155 tingkat, dari 441 pada 2015 menjadi peringkat 286 pada tahun 2017.

Menanggapi hasil rilis tersebut, Wakil Rektor (Warek) I Unidayan, Ir Tamar Mustari MSi mengungkapkan rasa syukurnya, sebab kinerja yang dilaksanakan selama setahun belakangan ini akhirnya membuahkan hasil.

Dia menjelaskan, merujuk dari informasi Kemenristekdikti, indikator yang digunakan dalam pemeringkatan tahun 2017 yakni, pertama, aspek sumberdaya manusia (30 persen) dengan indikator persentase dosen berpendidikan S3, persentase dosen dalam jabatan lektor kepala dan guru besar, serta rasio mahasiswa terhadap dosen.

Kedua, aspek kelembagaan (28 persen) dengan indikator akreditasi institusi BAN PT, akreditasi program studi BAN PT, akreditasi internasional, dan jumlah mahasiswa asing.

Ketiga, aspek kemahasiswaan (12 persen) dengan kinerja kemahasiswaan. Keempat yakni aspek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (30 persen) dengan indikator kinerja penelitian, kinerja pengabdian kepada masyarakat dan jumlah artikel ilmiah terindeks scopus per jumlah dosen.

“Kenapa dia naik kelas? Itu karena ada beberapa kegiatan yang tadinya tidak ada sekarang sudah ada. seperti kegiatan penelitian, pengabdian, kegiatan kemahasiswaan ditambah dengan akreditasi Prodi, yang tadinya akreditasi baru empat, sekarang sudah enam. Itu mungkin kira-kira pengaruhnya,” katanya.

“Unidayan dari sisi Dosen sudah oke, yang masih kurang itu tinggal publikasi, pengabdian dan penelitian,” sambungnya.

Kedepan, kata dia pihaknya akan terus membenahi sembari meningkatkan kualitas Unidayan.

“Prestasi tersebut akan dipertahankan sekaligus perlu ditingkatkan dengan menggenjot seluruh bidang,” katanya.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave a comment