Dr. Roni Muhtar: Baubau Masih Aman dari Corona

BAUBAU- Hingga Rabu, 1 April 2020, Kota Baubau masih aman dari virus corona. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Baubau, DR.Roni Muhtar saat ditanya wartawan di lobi kantor Walikota Baubau. Dia menyatakan, meski belum ada penderita virus corona, pemerintah kota terus berupaya melakukan berbagai uapaya dalam rangka pencegahan, sebab ada sejumlah warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Ketua Kosgoro Sultra ini menambahkan, masyarakat perlu memahami mengenai status Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Seseorang dikatakan masuk dalam kategori ODP apabila ia sempat bepergian ke negara lain yang merupakan pusat penyebaran virus corona. Anda juga akan masuk sebagai ODP apabila pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif corona. Orang yang masuk dalam kelompok ini adalah mereka yang belum menunjukkan gejala sakit.

Sementara PDP adalah pasien dalam pengawasan. Artinya, orang yang masuk ke dalam kategori ini sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) dan menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas. “Kalau yang ODP itu diisolasi mandiri di rumahnya, sementara yang berstatus PDP itu harus diisolasi di rumah sakit, tapi sampai hari ini kita di Baubau belum ada yang berstatus PDP, masih aman” kata Roni Muhtar.

Berdasarkan matriks data yang disajikan sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) per 1 April 2020, orang yang berstatus PDP di baubau masih nol, namun yang berstatus ODP masih banyak tetapi cenderung menurun.

Pada 25 Maret jumlah orang yang bersatus ODP di wilayah Kota Baubau sebanyak 484, namun pada 1 April telah berkurang menjadi 173 orang. Terjadi penurunan signifikan. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Muslimin Hibali, data terseebut berubah setiap hari. Jumlah orang yang masuk kategori ODP terus berkurang. Sementara orang yang masuk kategori PDP tidak ada, artinya warga Baubau tak perlu panik, namun harus tetap sealu waspada guna membantu pemerintah melakukan pencegahan penyebaran virus berbahaya tersebut. (is)

You might also like More from author

Comments are closed.